Kategori
ekonomi Pendidikan

Harta dan Hati


Oleh Hati

Hari ini kita hendak melihat keterkaitan antara harta dan hati. Sebagian orang memahami pula sebagai kaitan uang dengan hati. Ini pun ada benarnya.

Hubungan kedua itu diutarakan secara terus terang oleh Yesus Kristus. Lihatlah pada catatan kitab Matius! Ayat yang paralel juga muncul di dalam kitab Lukas. Matius menuliskannya pada 16:21 sementara Lukas berada di 12:34.

Selengkapnya kedua ayat tersebut berbunyi sama persis: Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. Sebagian orang merenungkan pengajaran ini. Sebagian orang mengabaikannya sama sekali. Sebagian orang menghapalkan namun tak terlalu memahami makna dari pengajaran BELIAU.

Anggaplah hartamu berupa emas batangan. Anda menyimpannya di sebuah bank yang bernama ANU. Berhubung emas batanganmu berada di bank ANU maka hatimu ikut berada di bank ANU. Anda sering-sering berkunjung ke bank ANU. Mungkin seminggu sekali atau sebulan sekali.

Ambil kata hartamu adalah properti. Propertimu terletak di kota yang bernama SANA. Berhubung propertimu terletak di kota SANA maka hatimu ikut berada di kota SANA. Anda sering-sering berkunjung ke kota SANA. Bisa jadi seminggu sekali kalau dekat. Jika agak jauh, bisa sebulan atau setahun sekali, tergantung biaya transfortasi juga sih.

Katakanlah pabrik menjadi harta Anda yang paling berharga. Pabrik Anda berlokasi di propinsi SONO. Berbubung pabrikmu berlokasi di propinsi SONO maka hatimu ikut berlokasi di propinsi SONO. Setiap hari Anda ke SONO bila rumah Anda dekat. Kalau agak jauh, mungkin Anda ke sana seminggu, sebulan atau setahun sekali.

Kembali ke penegasan dari BELIAU: Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. Mengenai apakah ayat tersebut berbicara? Mengenai harta benda. Mengenai apanya harta benda ayat tersebut berbicara? Inilah pertanyaan yang lebih penting.

Coba Anda baca-baca dua ayat sebulan ayat di atas. Semoga Anda bisa menangkap maksud BELIAU. Yesus Kristus sedang mengajarkan tentang mengumpulkan atau menyimpan harta.

Pertanyaan selanjutnya jauh lebih penting lagi. Di manakah Anda menyimpan harta benda Anda? Di manakah Anda menyimpan emas batangan Anda? Di manakah Anda menyimpan properti Anda? Di manakah Anda menyimpan pabrik Anda? Renungkanlah ini baik-baik!

Di lain kesempatan kita akan melanjutkan pembahasan atas tema yang sangat menarik dan penting ini. Silahkan menanti dengan sabar!

One reply on “Harta dan Hati”

Tinggalkan Balasan