Bekerja dari Rumah?


Sejak pandemi covid-19, bekerja dari rumah menjadi konsep yang makin sering kita dengar. Jauh sebelum wabah Corona merebak, sebagian orang sudah terbiasa dengan konsep bekerja dari rumah. Mereka ingin mempunyai banyak waktu di rumah. Dalam hal ini, umumnya adalah ibu rumah tangga yang hendak memilih cukup waktu bersama anak-anaknya. Di satu pihak, ibu rumah tangga tersebut perlu bekerja, membantu mencari nafkah. Di lain pihak, ibu rumah tangga perlu memiliki waktu yang cukup untuk menemani anak-anaknya bertumbuh dewasa.

Lantas apa yang baru dengan konsep bekerja dari rumah? Di tengah terpaan covid-19 sebagian besar orang tak berani pergi bekerja karena takut tertular penyakit. Mereka tetap butuh bekerja untuk mencari nafkah. Para pekerja dan perusahaan pun menempuh satu jalan tengah: bekerja dari rumah. Jadilah, konsep bekerja dari rumah diberlakukan bagi 90% lebih karyawan kantor dan PNS/ASN. Hasil dari konsep bekerja dari rumah lumayan menggembirakan. Memang terdapat tidak sedikit pekerjaan yang bisa diselesaikan dari rumah, tanpa karyawan harus hadir di kantor. Konsep bekerja dari rumah menjadi daya tarik besar dan penting untuk bisa dilanjutkan.

Harus diakui bahwa terdapat tidak sedikit pekerjaan bisa diselesaikan dari rumah. Karyawan bekerja tanpa hadir di kantor, cukup mengerjakannya dari rumah. Bersyukur bahwa kemajuan teknologi informasi pada masa kini amat mendukung dan memberikan kemudahan-kemudahan. Meskipun demikian, perlu tetap kita sadari bersama bahwa terdapat pula tidak sedikit pekerjaan yang tak bisa dikerjakan dari rumah. Artinya, para pekerja tetap harus hadir di kantor atau lapangan untuk dapat menyelesaikan pekerjaannya tersebut. Lihat misalnya: buruh pabrik, tenaga keamanan, cleaning service, pegawai toko dan lainnya.

Marilah kita berpikir untuk maju! Ada banyak pekerjaan yang bisa dan baik dikerjakan dari rumah. Namun ada pula pekerjaan yang tetap harus dikerjakan di kantor, pabrik dan lapangan. Marilah kita membedakan secara benar dan tepat! Marilah kita terapkan sesuai dengan kapasitasnya masing-masing! Jangan pernah dibolak-balik!

One comment

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s