Olahraga Semakin Vital


Masyarakat primitif  hidup dari berburu dan hutan. Setiap hari mereka keluar masuk hutan untuk mengumpulkan bahan makanan dan berburu. Aktifitas-aktifitas tersebut mengharuskan mereka untuk bergerak ke sana ke mari. Mereka tak mengenal konsep olah raga. Olah raga mereka begitu sederhana, lewat bekerja sehari-hari. Paling-paling mereka hanya mengenal bermain dan bertanding sebagai semacam konsep yang amat sederhana dari olah raga.

Tatkala manusia memasuki era pertanian, kegiatan sehari-hari mereka berubah menjadi bercocok tanam dibarengi dengan beternak. Sehari-hari mereka mengurus kebun atau sawah dan peternakannya, yakni penggembalaan. Aktifitas-aktifitas ini telah menghantarkan mereka pada olah raga dan gerak badan. Artinya, setiap hari mereka sudah pasti akan berolah raga dan gerak badan lewat bertani dan beternak.

Lambat laun masyarakat memasuki era industri. Mesin-mesin diciptakan untuk menringankan pekerjaan. Pekerjaan yang membutuhkan tenaga otot manusia diperingan dengan mekanisasi. Pada masa inilah olah raga dan gerak badan menjadi semakin berkurang. Kita mulai merasakan betapa penting gerak badan. Kita mulai mengambil waktu khusus di luar jam kerja untuk berolah raga.

Kini kita telah berada pada masa era teknologi informasi. Mekanisasi semakin canggih. Ditambah pula dengan teknologi informasi. Mekanikasi plus teknologi informasi menyediakan kemudahan berlipat ganda. Banyak pekerjaan bisa diselesaikan dengan duduk di dalam kantor. Ada pula pekerjaan-pekerjaan yang bisa dirampuhkan dari rumah. Semakin hari manusia semakian kurang bergerak. Dengan diam di tempat masing-masing kita bisa menyelesaikan sebagian pekerjaan.

Semakin pekerjaan kita tidak bergerak, semakin kita membutuhkan olah raga. Olah raga kita beralih dari bermain dan bertanding menjadi kegiatan gerak badan. Olah raga di sini ditujukan untuk kesehatan. Olah raga menjadi kian vital. Apakah Anda termasuk orang-orang yang kerja duduk dan membutuhkan olah raga? Marilah mengerak badan Anda sebagai latihan bagi tubuhmu!

2 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s