Cabang Ilmu Anda

Oleh Hali

Sebagian dari kita sedang dan pernah studi di perguruan tinggi. Sebagai dari kita hanya sampai di bangku SMU atau SMK. Sebagian berakhir di tingkat SMP saja. Bahkan, ada di antara Anda yang cuma mengenyam pendidikan sekolah dasar.

Terimalah kenyataan ini! Tidak perlu berkecil hati! Sebaliknya, tidak perlu pula berbesar hati!

Tahukah Anda, di mana letak bidang studi Anda? Disiplin yang Anda minati terletak di mana? Atau, jangan-jangan selama ini Anda telah keliru menempatkannya?

Terdapat banyak pembagian cabang ilmu. Sebuah daftar yang pernah penulis lihat, terdapat sepuluh model lebih. Luar  biasa banyaknya! Masing-masing pembagian itu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Masing-masing model berupaya memetakan ilmu atau disiplin ke dalam tempat yang patut.

Marilah kita melihat salah satu model pembagian ilmu. Model ini dibagi ke dalam tiga cabang ilmu. Kita akan mengulasnya satu demi satu.

Cabang ilmu pertama dinamakan natural sciences. Kelompok pertama ini disebut sebagai ilmu-ilmu alam dalam bahasa Indonesia.

Cabang ilmu kedua dinamakan social sciences. Dalam bahasa Indonesia, kelompok kedua ini disebut sebagai ilmu-ilmu sosial.

Cabang ilmu ketiga dinamakan humanities. Bahasa Indonesia menyebutnya dengan istilah humaniora atau ilmu-ilmu kemanusiaan.

Kembali kepada pertanyaan kita semula: di mana letak ilmu Anda? Walaupun sebagian dari kita belum pernah duduk di perguruan tinggi, saya yakin Anda pasti memiliki satu minat tertentu. Ilmu apa pun itu. Atau, disiplin ilmu mana pun itu.

Apabila Anda menyukai biologi, berarti disiplin ilmu yang Anda minati berada pada percabangan yang pertama. Penulis menganjurkan Anda membaca-baca sedikit salah satu disiplin ilmu di cabang kedua dan cabang ketiga. Cukup pelajari garis besar saja!

Jika Anda suka pada sosiologi, berarti disiplin ilmu Anda berada pada cabang kedua. Saya anjurkan Anda untuk membaca-baca sedikit salah satu disiplin ilmu di cabang pertama dan cabang ketiga. Cukup mempelajari kerangka besar dulu!

Andai Anda gemar pada teologi, berarti disiplin ilmu Anda berada pada cabang ketiga. Saya usulkan Anda membaca-baca sedikit salah atu disiplin ilmu di cabang pertama dan cabang kedua. Kenalilah gambaran besar cabang lain itu!

Apa pentingnya semua itu? Anda dapat memperluas wawasan. Anda menyukai satu disiplin ilmu tertentu, itu bagus. Silahkan Anda mendalaminya! Anda pun perlu mengenal serba sedikit disiplin ilmu lain. Wawasan Anda akan diperluas.

Janganlah Anda hidup laksana katak di dalam tempurung! Jangan sampai Anda hanya mengenali dunia di dalam tempurung! Putar-putar tetap saja di bawah tempurung yang sempit dan gelap itu. Padahal, dunia di luar tempurung begitu luas nan indah! Anda siap mengenal dunia yang luas dan indah itu?

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s