Beijing 2022

Oleh Hali

Sedianya Olimpiade musim panas yang ke-32 berlangsung pada Juli 2020 di Tokyo. Karena terjangan Pandemi Corona, penyelenggaraan Olimpiade Tokyo dimundur. Mundur sampai satu tahun, Juli 2021.

Sesudah dimundurkan pun, Olimpiade Tokyo nyaris dibatalkan. Pihak penyelenggara memaksakan diri untuk tetap melangsungkan walaupun sebagian besar rakyat Jepang tak menyetujui. Akibatnya, Pesta olahraga akbar sedunia itu kehilangan semaraknya. Syukurlah tak terjadi lonjakan penularan Corona di sana dalam masa penyelenggaraan tu.

Tahun depan giliran Olimpiade Musim Dingin. Kali ini berlangsung di Beijing pada 3-21 Februari 2022.

Sekarang sudah bulan November 2021. Menuju tanggal pertandingan akbar itu, waktu tinggal tiga bulan. Segala persiapan telah diadakan.

Tak beruntungnya, kita semua masih berada di bawah bayang-bayang Covid-19. Selain persiapan panitia, negara peserta dan siapa bakal meraih medali terbanyak, Pandemi Corona masih harus kita hadapi bersama.

Tiongkok termasuk negara yang paling ketat menerapkan protokol kesehatan. Mereka sukses menghadapi pandemi. Kali ini prosedur kesehatan mereka akan menghadapi ujian berat. Mereka sendiri akan mengujinya. Mata dunia juga akan tertuju kepadanya.

Sejumlah kebijakan ampuh telah dipersiapkan oleh pemerintah China. Semua atlit dan pendamping akan menjalani tes Corona harian. Setiap hari mereka harus menjalani tes Covid-19.

Atlit dan tim pendamping sebaiknya telah menjalani vaksinasi dua kali. Jikalau masih ada di antara merka yang belum mendapatkan vaksin, maka akan dilakukan karantina selama 21 hari.

Penerbangan internasional dari mancanegara menuju Tiongkok sangat dibatasi. Hanya atlit dan pedamping yang diijinkan masuk. China tidak menerima kehadiran penonton dari luar negeri mana pun. Ini berarti penonton hanya berasal dari dalam negeri. Orang-orang Tiongkok sendiri ditambah orang-orang asing yang sekarang masih berdomisili di sana.

Sebagai tuan rumah, Tiongkok sudah mempunyai pengalaman dua kali. Tahun 2008 Olimpiade Musim Panas Beijing berlangsung. Sesudah itu, Olimpiade Pemuda  di Nanjing tahun 2014. Secara umum, kedua Olimpiade itu tergolong amat sukses.

Seberapa besar penonton dalam negeri akan hadir? Kita masih harus menanti kebijakan ini dari pemerintah Tiongkok.

Prosedur kesehatan akan ketat sebagaimana umumnya Beijing menangani wabah. Satu hal juga pasti, Tiongkok tidak bakal mau kecolongan lagi seperti Pekan Olahraga Militer pada Oktober 2019 di Wuhan (2019 Military World Games).

Cabang olahraga yang dipertandingkan tak akan sebanyak dalam Olimpiade Musim panas. Semarak pun secara umum tak seakbar Olimpiade Musim Panas.

Meskipun begitu, negara mana yang akan keluar sebagai peraih mendali terbanyak tentu menjadi perhatian dari dunia. Selain itu, protokol kesehatan masih akan mendapatkan ujian berat.

Marilah kita menantikan Olimpiade Musim Dingin Beijing! Catat tanggal mainnya, 3-21 Februari 2022! Dunia masih bisa mengikutinya melalui layar televisi.

Satu komentar pada “Beijing 2022”

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s