Legenda Pemanah Rajawali

Oleh Hali

Di Indonesia kita mengenal film Kwee Ceng lewat nama sang tokoh.. Bila tahu judulnya maka kita kenal sebagai Pendekar Pemanah Rajawali. Judul selengkapnya adalah Legenda Pendekar Pemanah Rajawali (射雕英雄传).

Berawal dari sebuah cerita silat. Kita bisa membeli cersil ini. Dahulu orang-orang sering menyewanya dari taman bacaan. Lebih tepatnya adalah novel silat (武侠小说).

Novel silat ini karya dari seorang penulis ternama. Namanya Jin Yong (金庸). Selain kisah ini, beliau menulis sederetan panjang novel silat terkenal. Kebanyakan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Anda dapat menikmatinya dalam bacaan cersil berbahasa Indonesia.

Dari novel silat diangkat ke layar lebar. Menjadi film bioskop. Tak berhenti sampai situ, lambat-laun dibuat menjadi film serial. Di Indonesia juga sudah pernah diputar di TV dengan diberi subtitle bahkan doubling bahasa Indonesia

Ceritera berpusat pada tokoh bernama Guo Jing (郭靖). Dia dibesarkan oleh ibunya di tengah orang-orang Mongol walaupun mereka berdarah Han. Guo Jing terlihat polos, lambat berpikir namun berbudi luhur.

Dari negeri Mongol, dia kembali ke daerah orang-orang Han. Tujuan utama untuk mencari pembunuh ayahnya.

Huang Rong putri seorang pendekat besar sedang menyamar sebagai pengemis. Dia bertemu dan jatuh hati pada Guo Jing. Mereka berdua berkelana ke sana ke mari.

Dalam perkelanaan, mereka bertemu dengan datuk-datuk besar dunia persilatan. Lima figur utama perlu disebutkan di sini.

Datuk pertama adalah ayah Huang Rong sendiri yang mendapat julukan sebagai Iblis Timur. Namanya Huang Yaoshi. Beliau tinggal di Pulau Bunga Persik.

Datuk kedua dijuluki sebagai Racun Barat. Nama lengkap Ou Yangfeng. Selain jago silat, beliau seorang ahli racun. Ambisi yang kelewat batas, salah belajar, akhirnya mengakibatkan beliau tidak waras.

Datuk ketiga mendapat julukan Dewa Pusat. Beliau menang dalam tanding silat di Gunung Hua. Jadilah dia pesilat nomor satu.

Datuk keempat berjuluk Kaisar Selatan. Nama lengkap Yideng Taishi. Merasa diri bersama pernah mengakibatkan kematian seorang anak, beliau mengasing diri sebagai biksu.

Datuk kelima dijuluki Pengemis Utara. Nama lengkapnya Hong Qigong. Beliau adalah ketua partai pengemis. Berhubung hidup dalam kemiskinan, beliau suka sekali makanan enak. Bersama orang-orang kelompoknya, mereka suka membantu orang miskin dan tertindas.

Selain kelima datuk persilatan, masih terdapat tokoh-tokoh lain. Mereka pun patut disoroti sepak terjangnya. Banyak hal yang dapat menjadi cermin kehidupan ini.

Lewat perjumpaan dengan kelima datuk persilatan, mereka masing-masing mewariskan sedikit jurus-jurus silat kepada Guo Jing. Lambat laut pemuda polos dan berbudi ini berkembang menjadi sakti mandraguna.

Untuk selengkapnya, sangat dianjurkan Anda membaca langsung dari cerita silat. Anda juga dapat memilih menonton film atau bahkan serial bersambung. Berhubung rada panjang, mungkin dapat memilih akhir pekan agar tidak menganggu pekerjaan ataupun studi Anda.

Jing Yong menggambar kehidupan lewat novel silat. Amat-amatilah tokoh-tokoh tersebut! Berkacalah pada kisah di dalamnya! Niscaya Anda akan dapat menyoroti masyarakat dan dunia masa kini di sekitar Anda. Selamat becermin!

Satu komentar pada “Legenda Pemanah Rajawali”

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s