Taiwan di Mata Tiongkok

Oleh Hali

Banyak orang masih bingung tentang eksistensi Taiwan. Penulis tidak tahu apa pemikiran Anda mengenai Taiwan? Di tengah kebingungan orang-orang, hal yang paling teresensial perlu dikemukakan dengan terus terang di sini: Apakah Taiwan adalah sebuah negara?

Apakah jawaban Saudara terhadap pertanyaan di atas? Dasar apa yang Anda pergunakan untuk menentukan jawaban? Bagaimana perjalanan sejarah sampai masa kini? Hal-hal ini perlu mendapatkan penjelasan yang sepatutnya.

Sejak tahun 1949, kepemimpinan China secara resmi berada di bawah Mao Ze Dong. Pemimpin sebelumnya Jiang Kai Shek mengungsi ke pulau Taiwan. Praktis Jiang tidak lagi memiliki kuasa apa pun di China.

Sejarah terus bergulir. Mulai pada tahun 1971, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengakui China. China yang dimaksud berada di bawah Pemimpin Mao. Patokan resmi inilah yang terus dipakai sebagai standar bagi RRC.

Lantas bagaimanakah dengan status Taiwan? Kembali kepada pertanyaan esensial di atas: Apakah Taiwan adalah sebuah negara?

Jawabannya tentu negasi. Taiwan merupakan bagian dari China. Singkatnya, Taiwan merupakah salah satu propinsi dari negara China. Dari sini, jelaslah bagi kita. Taiwan bukanlah sebuah negara. Taiwan hanyalah sebuah propinsi dari negara yang bernama China atau RRC atau RRT (中华人民共和国).

Politik internasional acapkali mempersoalkan status Taiwan. Sebagian negara Barat mempermainkan status Taiwan untuk kepentingan-kepentingan tertentu mereka sendiri.

Bagaimanakah masa depan Taiwan? Bagi Tiongkok, Taiwan jelas-jelas merupakan salah satu propinsinya atau wilayahnya. Dalam peta geografi China, status Taiwan ini tak dapat ditawar-tawar lagi.

Propinsi macam apakah Taiwan itu? Taiwan adalah propinsi yang ke-23 dari RRT. Harus diakuir bawah perjalanan sejarah yang berkenaan dengan Taiwan memang sedikit kompleks. Meskipun demikian, pendirian RRT yang terkait langsung dengan masalah ini terletak pada apa yang dinamakan sebagai satu negara dua sistem(一国两制). Paling-paling propinsi Taiwan diberikan perlakuan khusus. Taiwan dapat diberikan status daerah administrasi khusus.

Dalam mata Tiongkok, Taiwan adalah propinsi miliknya. Dalam mata Tiongkok, hanya ada satu negara China, yaitu RRC atau RRT. Taiwan merupakan bagian dari RRC atau RRT. Titik sampai di sini.

Dalam mata Tiongkok, negara-negara Barat tak perlu ikut campur. Pendirian Tiongkok jelas adanya. Taiwan adalah urusan dalam negeri dari RRT. Taiwan tak perlu diurus atau diutak-atik oleh negara lain. Taiwan tak lain dari urusan dalam negeri China sendiri.

Satu komentar pada “Taiwan di Mata Tiongkok”

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: