Negara Maju

oleh Hali

Semua negara ingin maju. Rakyat menghendaki negaranya maju. Banyak cara mereka tempuh. Salah satu yang terpenting, memilih sistem ekonomi. Atau, menentukan sistem ideologi yang dianut.

Dari pemikiran untuk memajukan negara inilah lantas lahir berbagai sistem ekonomi. Atau, sebagian pakar lebih suka menyebutnya sebagai sistem ideologi. Bagi mereka, sistem ekonomi atau sistem ideologilah yang menentukan maju atau terbelakangnya sebuah negara.

Kini kita bisa menemukan beberapa sistem ekonomi atau sistem ideologi. Marilah kita cermati bersama!

Pertama, sistem Kapitalisme. Alat produksi berada di tangan perorangan atau swasta. Pasar diberi kebebasan sepenuhnya. Inggris, USA dan Australia merupakan contoh negera-negara yang mengimplementasikan ideologi Kapitalisme.

Kedua, sistem Sosialisme. Kepentingan rakyat banyak harus diperjuangkan dan diutamakan. Perancis, Jerman, India menerapkan pemikiran sosialisme.

Ketiga, sistem Komunisme. Bagaimana kita memahami sistem Komunisme? Dalam Komunisme, Sosialisme dipegang hanya oleh partai tunggal. Rusia, RRT, Kuba dan Vietnam berpegang pada sistem komunisme.

Bagaimana negara maju? Memilih dan menerapkan sistem apa? Sistem Kapitalisme bisa menjadikan negara maju. Sistem Sosialisme pun bisa membawa negara maju. Sistem Komunisme juga dapat memajukan negara. Contoh negara-negara di atas telah membuktikan semua negara itu maju. Mereka maju dengan sistem ekonomi atau sistem ideologi masing-masing.

Oleh karena itu, kita tidak sepatutnya bergantung pada sistem ekonomi itu atau sistem ideologi itu. Faktor terpenting yang menghambat sebuah negara untuk maju terletak pada KKN. KKN merupakan singkatan dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Negara sistem Kapitalisme yang maju pun akan dihancurkan oleh KKN. Negara sistem Sosialisme yang maju pun akan dihancurkan oleh KKN. Negara sistem Komunisme yang maju juga akan dihancurkan oleh KKN. Kapitalisme harus memberantas KKN. Sosialisme pun mesti memberantas KKN. Komunisme juga patut memberantas KKN.

Jangan lagi menyalahkan Kapitalisme! Jangan lagi menyalahkan Sosialisme! Jangan lagi menyalahkan Komunisme! Salahkanlah KKN! Berantaslah KKN! Penghambat kemajuan bangsa dan negara adalah KKN.

One comment

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s