Jerman Takut Indonesia


Sekitar tahun 1999 ada tiga orang teman yang tamat dari SMU di Bandung. Mereka  melanjutkan kuliah ke Jerman dan negara sekitarnya. Bidang studi yang mereka pilih adalah pariwisata dan perhotelan.

Mereka menuturkan pengalaman pribadi. Di sana mereka mengekost di rumah penduduk Jerman. Mereka tinggal bersama orang-orang Jerman.

Ada kisah yang sangat menarik. Pada hari pertama tiba, ibu kost langsung membawa mereka ke kamar mandi. Ada apa gerangan? Tuan rumah menunjukkan tempat mandi. Lalu, inilah yang penting! Ibu kost segera mengingatkan mereka. Mandi jangan pakai air terlalu banyak. Setiap mandi hanya boleh menggunakan air sekitar satu ember saja. Volume ember adalah yang berukuran sedang. Sekitar 20 liter. Lebih besar sedikit daripada galon air isi ulang.

Ibu kost bukan hendak mengajari mereka mengenai cara mandi. Ibu kost mau menegaskan tentang pemakaian air untuk mandi. Mengapa bisa begitu? Ada asumsi yang melekat pada orang Jerman bahwa orang-orang yang berasal dari Indonesia sangat boros menggunakan air. Itu sebabnya, dari hari pertama ibu kost segera mengingatkan mereka tentang penggunaan air untuk mandi.

Waduh, rupa-rupanya orang Jerman takut pada orang Indonesia. Orang Jerman takut orang Indonesia memboroskan air bersih mereka. Mereka beranggapan orang-orang Indonesia boros dalam pemakaian air bersih.

Nusantara memang kaya akan sumber air. Hampir tidak ada wilayah di seantero Indonesia yang kekurangan air bersih. Yang terjadi adalah terkadang sumber air tercemar atau dicemari aneka limbah.

Kondisi wilayah di Tanah Air yang berlimpah sumber air tentu membawa berkat. Akan tetapi, tak sedikit orang menjadi seenaknya memakai air bersih. Tak jarang sumber air bersih tak lagi terpelihara dengan baik. Sumber air dibiarkan tercemar. Selain itu, penggunaan air menjadi boros. Tak sedikit sumber air bersih yang terbuang percuma. Atau, kita memakai air bersih secara berlebihan di mana tidak rasional lagi.

Bapak Ibu dan Saudara-Saudariku sekalian, janganlah kita bangga bila orang Jerman takut dengan orang Indonesia! Yang mereka takutkan adalah kita memboroskan sumber air bersih mereka. Marilah kita belajar sesuatu dari pengalaman beberapa orang pemuda-pemudi yang studi ke Jerman! Kita perlu belajar untuk memakai air bersih secara rasional. Mari kita mencegah pemborosan air! Mari kita mencegah pencemaran air! Mari kita memelihara sumber air bersih di sekitar kita! Selamat menikmati sumber air bersih di Indonesia!

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat.

3 comments

  1. Apakah di Jerman sumber air bersih terbatas atau disana mahal air bersihnya? Atau memang habit mereka saja.

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s