Over Tes


Masa PPKM darurat memiliki banyak ketrbataan. Tatkala beralih ke PPKM level 4, ada sedikit kelonggaran. Pada masa ini penulis mengadakan perjalanan dari Surabaya ke Lawang.

Sebagai salah satu syarat perjalanan diperlukan tes antigen. Penulis bersama istri pergi ke satu klinik di Surabaya. Bersyukur bahwa orang yang sedang Swab Antigen sedikit saja di sana. Proses bisa cepat dan surat bukti hasil tes bisa segera diperoleh.

Selagi menunggu surat hasil tes diberikan, penulis bertemu seorang Bapak. Kami sempat obrol sebentar, tak sampai lima menit. Tampaknya umur beliau berkisar 60 tahun.

Menurut pengakuannya, dia melakukan tes Corona setiap minggu sekali. Biaya tes antigen tak murah, 220 ribu sekali tes. Dia takut tertular Covid-19. Untuk itu, dia melakukan tes satu kali setiap minggu.

Mendengar penuturan si bapak, penulis sempat kaget. Begitu takutnyakah hingga harus melakukan tes Corona seminggu satu kali? Sang bapak juga mengeluhkan setiap minggu hidungnya harus ditusuk untuk pengerjaan swab antigen. Kasihan juga sih!

Menurut hemat penulis, kita tak perlu sampai begitu sering. Tes Corona boleh-boleh saja. Namun tak perlu sampai over begitulah. Apabila ada kebutuhan untuk perjalanan, mau tak mau mesti pergi tes. Jikalau tidak,  apa perlunya coba?

Hal penting bagi kita semua adalah mengenali gejala-gejala tertular virus Corona walaupun ada juga yang OTG. Beberapa gejala cukup kentara bisa kita pantau sendiri: kehilangan penciuman (hidung), kehilangan indra perasa (lidah), terkadang ada mencret dan demam. Harap kita tetap memantau diri sendiri dan orang di sekitar kita. Selain itu, protokol kesehatan perlu ditegakkan dengan ketat: memakai masker, hindari kerumunan, rajin cuci tangan!

Tes Corona bukan tak ada manfaatnya sama sekali. Sedini mungkin mengetahui diri sendiri tertular juga ada baiknya. Bisa antisipasi dari awal-awal. Menjaga diri dan mencegah menularkan pada orang lain.

Bapak Ibu dan Saudara-Saudariku sekalian, janganlah sampai over tes Covid-19, baik itu antigen maupun PCR dan aneka tes Corona lainnya! Marilah tetap berpikir jernih! Di tengah pandemi Corona ini, kita harus tetap menjalani hidup masing-masing. Hiduplah secara benar dan wajar! Jangan menjadi panik dan khawatir karena bisa menurunkan imunitas tubuh Anda! Selamat hidup sehat! Semoga Anda tidak tertular!

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog).

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat.

3 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s