Mondok Dua Semester

Jangan lupa dengan Kampus Merdeka. Meski kita masih bergulat melawan Corona, ingat selalu: Kampus Merdeka! Ini adalah program hebat yang diluncurkan oleh Mas Nadiem untuk seluruh perguruan tinggi di Tanah Air.

Program Kampus Merdeka bertujuan mencerdaskan mahasiswa/i sekaligus memperluas wawasan hidup dan wawasan bekerja mereka. Kampus Merdeka hendak menerobos kualitas SDM mahasiswa unggul. Kiranya setiap kampus dapat mulai menerapkan kebijakan Kampus Merdeka.

Pada prinsipnya, kampus merupakan tempat belajar. Mahasiswa bertemu dengan dosen. Proses belajar mengajar terjadi pada pertemuan itu. Dengan Kampus Merdeka, mahasiswa diberikan kesempatan selama dua semester untuk belajar di luar kampusnya. Selama dua semester berada di luar kampusnya, kegiatan-kegiatan yang dikerjakan akan mendapatkkan penilaian sks. Ini setara dengan perhitungan 40 sks.

Bagaimana pengejawantahan dari program Kampus Merdeka?

Mahasiswa dapat memilih kuliah dua semester di prodi lain. Mereka dapat memilih mata kuliah. Mahasiswa juga dapat studi di perguruan tinggi lain. Berarti si mahasiswa bisa mengenal kehidupan di kampus lain, juga belajar di kampus lain.

Mahasiswa bisa memilih untuk magang di organisasi atau perusahaan tertentu. Kegiatan atau pekerjaannya akan dikonversikan menjadi sks kuliah. Berarti, si mahasiswa beroleh kesempatan untuk belajar bekerja, belajar berorganisasi dan termasuk belajar untuk mendapatkan penghasilan.

Mahasiswa dapat memilih mengajar di sekolah-sekolah tertentu, sampai ke pelosok daerah-daerah. Ini akan menjadi pengalaman yang berharga sekali. Mahasiswa belajar tentang kehidupan, belajar bermasyarakat, mengenal Tanah Air kita.

Kembali ke program Kampus Merdeka. Ia merupakan semacam program mondok dua semester. Mondok dua semester dijalaninya dalam kehidupan riil di dunia ini, yakni dunia kerja sekaligus dunia hidup manusia. Melalui mondok dua semester, akan dihasilkan SDM mahasiswa yang tahan banting, siap kerja, berdaya juang tinggi menghadapi hidup.

Hidup Kampus Merdeka! Mari mondok dua semester! Program terobosan yang mahadahsyat! Hai mahasiswa dan mahasiswi sekalian, siapkan diri Anda untuk mengerjakan Kampus Merdeka!

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

3 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s