Propinsi Xinjiang bagian 1


Propinsi Xinjiang bagian 1

Daratan Tiongkok tergolong luas sekali. Wilayahnya sekitar 5 kali dari luas daratan Indonesia. Ada banyak propinsi dan kota terkenal, misalnya: Shanghai, Beijing, Chongqing, Hainan, Tibet, Xinjiang dan lainnya.

Salah satu daerah di Tiongkok yang sering menjadi sorotan dunia adalah Xinjiang. Masyarakat dunia memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap Xinjiang. Itu belum lagi ditambah dengan beberapa dilema yang sering menjadi perbincangan sebagian negara Barat. Marilah kita mengenal Xinjiang!

Xinjiang 新疆adalah nama dari sebuah propinsi di China. Nama Xinjiang dikenal sejak zaman Dinasti Ming. Artinya adalah “perbatasan baru.” Letak Xinjiang di bagian Barat Laut dari Tiongkok, dan memang berada di perbatasan dengan berbagai negara bekas Uni Soviet. Xinjiang berbatasan dengan negara-negara seperti Kazakhtan, Kirgizstan, Tajikistan, Afganistan dan Kashmir. Ada pun nama lengkap dari propinsi ini adalah Daerah Otonomi Uighur Xinjiang.

Komposisi penduduk di propinsi Xinjiang terdiri dari: suku Uighur sebanyak 45%, suku Han sebanyak 40% lalu suku Kazakh 6,7%, ditambah suku-suku lain dengan komposisi yang kecil. Jelas sekali bahwa orang-orang Uighur menempati mayoritas di proipinsi Xinjiang. Perawakan suku Uighur dapat digambarkan sebagai campuran antara suku Han dengan orang Eropa.

Sewaktu berada di Xi’an, kami sering melihat orang Uighur. Sewaktu berada di Nanjing, bahkan kami berkenalan dengan tidak sedikit orang Uighur. Waktu itu, ada rombongan besar guru SD, SMP dan SMU dari Xinjiang yang notabene suku Uighur sedang menjalani studi program khusus yang sekampus dengan saya: Nanjing Normal University. Beberapa orang di antara mereka masih ada kontak medsos dengan kami sampai hari ini.

Suatu hari kelak, apabila ada kesempatan, kami hendak berkunjung ke propinsi Xinjiang. Kami hendak menyaksikan dari dekat perkebunan anggur hijau, menganggumi perhiasan Giok mereka dan menikmati makanan sehari-hari suku Uighur.

Xinjiang memiliki cadangan minyak, gas dan sumber alam lain yang tidak sedikit. Propinsi yang terluas di China tidak lain dari Xinjiang. Wilayahnya amat luas sementara penduduknya sedikit saja. Masih banyak tanah atau wilayah kosong di propinsi ini. Ibu kota propinsinya bernama Urumqi 乌鲁木齐.

Dua produk dari Xinjiang yang paling dikenal oleh rakyat Tiongkok patut kita sebutkan di sini. Batu giok dan segala perhiasan yang terbuat dari Giok sebagian besar berasal dari Xinjiang. Kualitas Giok dari Xinjiang amat tinggi dan bagus, harganya mahal. Lalu masyarakat juga mengenal kismis. Anggur warna hijau dari Xinjiang sangat disukai. Anggur hijau ini paling banyak dibuat menjadi kismis. Sayang sekali, kismis dari Xinjiang tidak diimport sampai ke Indonesia.

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

2 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s