Kategori
Kesehatan

Telur Tambah Air Dikukus


Sewaktu berada di Xi’an, China, istri saya pernah mencret tak henti-henti. Dia mencret sampai dua harian. Sehari bisa delapan sembilan kali. Terpaksa dirawat di rumah sakit. Beberapa hari dia berada di rumah sakit kampus. Beberapa hari tetap tidak ada kemajuan.

Seorang teman di sana mengajari kami untuk membuat telur kukus. Telur dipecahkan, Masukkan ke dalam mangkok! Tambahkan sedikit air dan garam! Aduk-aduk sampai merata, Lalu dikukus! Sebentar sudah selesai dan matang. Hasilnya seperti agar-agar atau jeli.

Sewaktu dimakan, enak dan lunak! Makanan bergizi dan mudah dicerna walaupun lambung dan saluran perceranaan sedang terganggu. Menu sederhana ini kaya akan protein.

Lalu istri saya dikeluarkan dari rumah sakit, berobat jalan saja ke rumah sakit lain. Sambil terus makan telur kukus. Tiga hari sudah sembuh. Mencret berhenti dan badan kuat kembali. Selain telur, makanan lain sudah mulai bisa dikonsumsi.

Selain istri saya, papa saya pun pernah kami buatkan telur kukus. Waktu itu usianya sekitar 75 tahun. Suatu kali, beliau jatuh, lalu takut berjalan. Hanya berbaring saja. Makan, minum di tempat tidur. Buang air kecil dan besar pun dekat ranjang. Lama-kelamaan kaki mengecil, tak bertenaga. Untuk bisa bangun dari ranjang pun susah sekali.

Saya dan istri pulang ke kampung halaman, menemaninya sekitar seminggu. Kami merawat beliau, mendorong dan memberikan semangat. Rutin memberikan makanan walau hanya bisa makan sedikit-sedikit doang.

Makanan lunak yang diberikan padanya. Salah satunya kami mengukuskan buat dia telur tambah air dan garam. Dia mulai makan, sedikit-sedikit. Satu biji telur pun tidak bisa habis. Ya sudah, makan telur kukus sebisanya. setengah butir pun lumayan. Beberapa hari kemudian, badan mulai kuat kembali.

Tubuh mulai dapat menerima asupan gizi. Perlahan-lahan kesehatan pulih dan mulai kuat. Minum juga sedikit namun sering. Lalu belajar duduk di ranjang. Dari baring belajar duduk. Dari duduk, belajar berdiri dengan berpegangan pada ranjang. Baru kemudian belajar merangkak. Akhirnya bisa berjalan kembali. Mantap, Puji Tuhan!

Makanan yang sederhana sekali. Telur tambah air, bisa diberikan sedikit garam, aduk-aduk merata, lalu dikukus. Makanan lunak seperti jeli. Bisa dikonsumsi oleh siapa pun yang sakit. Mereka yang sedang terganggu pencernaannya pun dapat mengkonsumsinya.

Saudara-Saudariku sekalian, jangan lupa dengan makanan sederhana ini. Dalam kondisi sehat pun Anda bisa mengkonsumsinya. Dalam kondisi sakit pun tetap dapat mengkonsumsinya. Pencernaan sangat terganggu pun masih bisa mengkonsumsinya. Ingat-ingat ya!

telur ditambah air, bisa taruh sedikit garam, aduk merata, lalu dikukus. Makanan sederhana yang kaya protein.

One reply on “Telur Tambah Air Dikukus”

Tinggalkan Balasan