Kategori
Kesehatan Lingkungan hidup

Diversifikasi Pangan


oleh Hali

Mayoritas penduduk Indonesia mengkonsumsi nasi. Pagi, siang dan malam, tiga kali makan tak boleh tak ada nasi. Nasi menjadi sumber pangan terutama.

Nasi menjadi sumber karbohidrat. Nasi menjadi makanan pokok masyarakat kita. Tiada hari tanpa nasi. Mungkin inilah sembohyan yang cocok.

kondisi ini tak boleh dibiarkan. Upaya menuju diversifikasi pangan sudah lama digalakkan. Hasilnya memang belum menggembirakan. Nasi masih menjadi pilihan utama tiga kali makan sehari.

Sebenarnya terdapat banyak sumber pangan lain di Indonesia. Sebut saja ubi kayu, jagung, sagu, ubi rambat, ketan, keladi, bentul bahkan sukun. Daftar ini masih dapat diperpanjang lagi. Nusantara kaya dengan ragam umbi-umbian.

Kita bisa mengatur makanan pokok sehari tiga kali. Kita perhatikan saja sumber karbohidratnya. Pagi ubi kayu, siang nasi, malam jagung. Pagi ketan, siang nasi, malam nasi. Pagi ubi rambat, siang keladi, malam nasi. Silahkan Anda atur makanan buat keluarga Anda. Ini hanya menyebut makanan pokoknya. Sementara sayur, buah dan daging tetap perlu ada pada makanan sehari-hari, terutama buat makan siang dan malam.

Semakin berhasil melakukan diversifikasi, makanan Anda semakin kaya gizinya. Diversifikasi akan memberikan kandungan aneka ragam gizi yang lengkap. Diversifikasi pangan juga akan membuat variasi makanan menjadi lezat.

Selain itu, diversifikasi membuat ketahanan pangan meningkat. Kita tak perlu hanya bergantung pada nasi atau beras. Jikalau sumber pangan harus bergantung pada negara lain, di mana kemandirian pangan kita? Kita dapat mengembangkan sumber pangan lokal.

Kita sama sekali tak boleh bergantung pada pangan import. Gantilah pangan import pada makanan tiga kali sehari Anda dengan pangan lokal. Bagi Anda yang menyukai pangan import, cukuplah seminggu sekali saja.

Marilah setiap kita mulai bergerak! Mari menggalakkan diversifikasi pangan! Buatlah variasi untuk makanan pokok Anda sekeluarga! Mulainya dengan sarapan pagi! Lalu lanjutkan dengan ke makan siang Anda. Akhirnya juga termasuk makan malam Anda sekeluarga.

3 replies on “Diversifikasi Pangan”

Tinggalkan Balasan