Diversifikasi Pangan

oleh Hali

Mayoritas penduduk Indonesia mengkonsumsi nasi. Pagi, siang dan malam, tiga kali makan tak boleh tak ada nasi. Nasi menjadi sumber pangan terutama.

Nasi menjadi sumber karbohidrat. Nasi menjadi makanan pokok masyarakat kita. Tiada hari tanpa nasi. Mungkin inilah sembohyan yang cocok.

kondisi ini tak boleh dibiarkan. Upaya menuju diversifikasi pangan sudah lama digalakkan. Hasilnya memang belum seberapa. Nasi masih menjadi pilihan utama tiga kali makan sehari.

Sebenarnya terdapat banyak sumber pangan lain di Indonesia. Sebut saja ubi kayu, jagung, sagu, ubi rambat, ketan, keladi, bentul bahkan sukun. Daftar ini masih dapat diperpanjang lagi. Nusantara kaya dengan ragam umbi-umbian.

Kita bisa mengatur makanan pokok sehari tiga kali. Kita perhatikan saja sumber karbohidratnya. Pagi ubi kayu, siang nasi, malam jagung. Pagi ketan, siang nasi, malam nasi. Pagi ubi rambat, siang keladi, malam nasi. Silahkan Anda atur makanan buat keluarga Anda. Ini hanya menyebut makanan pokoknya. Sementara sayur, buah dan daging tetap perlu ada pada makanan sehari-hari, terutama buat makan siang dan malam.

Semakin berhasil melakukan diversifikasi, makanan Anda semakin kaya gizinya. Diversifikasi akan memberikan kandungan aneka ragam gizi yang lengkap. Diversifikasi juga akan membuat variasi makanan menjadi lezat.

Selain itu, diversifikasi membuat ketahanan pangan meningkat. Kita tak perlu hanya bergantung pada nasi atau beras. Kita dapat mengembangkan sumber pangan lokal.

Marilah setiap kita mulai bergerak! Mari menggalakkan diversifikasi pangan! Buatlah variasi untuk makanan pokok Anda sekeluarga! Mulainya dengan sarapan pagi!

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

3 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s