Kategori
Health Kesehatan

Anda Pasti Sehat


Oleh Hali

Setiap orang tak menyadari tentang kesehatan. Tatkala seseorang jatuh sakit, barulah dia peduli dengan kesehatan. Bagus juga masih peduli dengan kesehatan. Semoga saja belum terlambat!

Lebih baik setiap kita sudah peduli dengan kesehatan, bahkan sebelum jatuh sakit parah. Untuk itu kita perlu memperhatikan beberapa faktor penentu kesehatan. Ini merupakan faktor-faktor umum di mana setiap orang haruslah mengetahuinya.

Faktor pertama, udara yang kita hirup. Udara menjadi faktor utama. Udara hendaklah terjamin kebersihannya. Apakah udara di sekitar rumah Anda bersih? Jangan-jangan di sekitar rumah dan kantor Anda sudah kekurangan udara bersih. Atau, lebih tepatnya, udara sekitar Anda telah terpolusi. Sayang sekali, hanya negara maju peduli dengan udara bersih.

Faktor kedua, air yang kita minum. Air yang kita minum sehari-hari harus mendapatkan perhatian. Kita butuh air yang alamiah dan bersih. Untuk air sumur dan ledeng, sebaiknya direbus sampai mendidih terlebih dahulu. Zaman modern menyediakan aneka minuman kaleng dan kemasan. Jangan pernah lupa dan kekuarangan minum air putih!

Faktor ketiga, istirahat dan tidur. Setiap kita membutuhkan istirahat di luar jam kerja dan jam belajar. Antara tengah hari sampai sore, bila memungkinkan ambillah istirahat 15-30 menit akan berguna sekali. Jikalau pekerjaan sulit memberi kesempatan beristirahat, ambillah waktu berbaring barang 10 menit saja. Istirahat yang lengkap adalah dengan tidur terlentang.

Faktor keempat, makanan sehari-hari. Makanan kita sehari-hari hendaklah lengkap. Ini tidak berarti mewah atau mahal. Sederhananya bisa diwakili oleh empat sehat. Lima sempurna hanya dibutuhkan oleh bayi. Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral perlu seimbang di dalam makanan tiga kali sehari Anda.

Faktor kelima, perlu berolahraga. Kita perlu bergerak dan mengangkat sesuatu. Itulah yang namanya berolahraga. Kita sudah terlalu banyak duduk waktu bepergian dan sedang bekerja. Itulah sebabnya kita butuh olah raga. Ada juga sih orang-orang yang tidak memerlukan olah raga sama sekali. Hanya mereka yang bekerja berat sehari-hari lalu berkeringat yang tidak membutuhkan olah raga.

Faktor keenam, mengatasi stress. Hidup ini tak mungkin tidak ada stress. Stress perlu dihadapi dan diatasi. Stress juga tidak boleh berlebihan. Bila pekerjaan dan tempat tinggal membuat stress yang tak terselesaikan, mungkin sudah waktunya Anda mencari pekerjaan baru dan pindah rumah.

Selesai membaca faktor-faktor hidup sehat di atas ini, Anda tidak otomatis akan menjadi sehat. Anda perlu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apabila sudah diaplikasikan dalam hidup keseharian, barulah Anda akan mendapatkan kesehatan.

Jangan berhenti hanya dengan membaca faktor-faktor kesehatan! Jadilah diri Anda menjalani gaya hidup sehat! Anda harus menerapkannya ke dalam hidup sehari-hari.

Janganlah menanti sampai usia Anda lanjut! Lebih cepat memahami akan lebih baik. Lebih awal menerapkan akan lebih baik. Jangan mengantungkan kesehatan Anda pada dokter, rumah sakit dan asuransi!

3 replies on “Anda Pasti Sehat”

Tinggalkan Balasan