Bacalah, Anda Akan Sehat


Setiap orang tak menyadari tentang kesehatan. Tatkala seseorang jatuh sakit, barulah dia peduli dengan kesehatan. Bagus juga masih peduli dengan kesehatan. Semoga saja belum terlambat!

Lebih baik setiap kita sudah peduli dengan kesehatan, bahkan sebelum jatuh sakit parah. Kita perlu memperhatikan beberapa faktor penentu kesehatan.

Faktor pertama, udara yang kita hirup. Udara menjadi faktor utama. Udara hendaklah terjamin kebersihannya. Apakah udara di sekitar rumah Anda bersih? Sayang sekali, hanya negara maju peduli dengan udara bersih.

Faktor kedua, air yang kita minum. Air yang kita minum sehari-hari harus mendapatkan perhatian. Kita butuh air yang alamiah dan bersih. Untuk air sumur dan ledeng, sebaiknya dimasak terlebih dahulu.

Faktor ketiga, istirahat dan tidur. Setiap kita butuh istirahat di luar jam kerja dan jam belajar. Antara tengah hari sampai sore, bila bisa istirahat 15-30 menit akan berguna sekali. Istirahat yang lengkap adalah dengan tidur terlentang.

Faktor keempat, makanan sehari-hari. Makanan kita sehari-hari hendaklah lengkap. Ini tidak berarti mewah atau mahal. Sederhananya bisa diwakili oleh empat sehat. Lima sempurna hanya dibutuhkan oleh bayi. Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral perlu seimbang di dalam makanan tiga kali sehari Anda.

Faktor kelima, perlu berolahraga. Kita perlu bergerak dan mengangkat sesuatu. Itulah yang namanya berolahraga. Kita sudah terlalu banyak duduk waktu bepergian dan sedang bekerja. Itulah sebabnya kita butuh olah raga. Hanya mereka yang bekerja berat berkeringat yang tidak membutuhkan olah raga.

Faktor keenam, mengatasi stress. Hidup ini tak mungkin tidak ada stress. Stress perlu dihadapi dan diatasi. Stress juga tidak boleh berlebihan. Bila pekerjaan dan tempat tinggal membuat stress yang tak terselesaikan, mungkin sudah waktunya Anda mencari pekerjaan baru dan pindah rumah.

Selesai membaca faktor-faktor hidup sehat di atas ini, Anda tidak otomatis akan menjadi sehat. Anda perlu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apabila sudah diaplikasikan dalam hidup keseharian, barulah Anda akan mendapatkan kesehatan.

Jangan berhenti hanya dengan membaca faktor kesehatan! Jadilah diri Anda menjalani gaya hidup sehat! Anda harus menerapkannya ke dalam hidup sehari-hari.

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

3 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s