Keunggulan Jurusan Matematika

Kali ini kita hendak menyoroti mahasiswa di jurusan matematika. Mengajar mahasiswa jurusan matematika merupakan salah satu pengalaman indah bagi penulis. Sayang sekali ini bukan jurusan matematika murni. Ini jurusan matematika statistik. Meskipun demikian, tetaplah pengalaman yang menarik sekali bagi penulis untuk dibagikan. Waktu itu saya mengajar mereka mata kuliah umum dan wajib. Jumlah mahasiswa jurusan matematika tak sampai sepuluh orang sehingga kelas mereka dicampur dengan mahasiswa jurusan komputer. Total mahasiswa kedua jurusan menjadi sekitar empat puluh orang.

Kuliah berjalan dengan tenang dan serius. UTS dilewati dengan baik. UAS diselesaikan dengan baik. Nilai rata-rata mereka amat tinggi. Mahasiswa jurusan matematika semua di atas 80 bahkan ada dua orang yang UTS dan UAS nilainya 100. Artinya, UTS dan UAS tanpa salah sedikit pun. Luar biasa! Cara berpikir sangat runut. Menjawab soal amat terarah dan jelas. Jawaban langsung to the point, tak berbelit sedikit pun.

Penulis sudah pernah mengajar berbagai jurusan: Hukum, Akuntasi, Manajemen, Perhotelan, Nursing, Kedokteran, DKV, Teknik Sipil, Food Tech, HI dan lain-lain. Dari pengalaman mengajar mata kuliah umum dan wajib, nilai rata-rata tertinggi didapati pada mahasiswa jurusan matematika. Cara berpikir mereka amat logis dan terarah. Cara berpikir itulah yang menolong mereka menangkap isi mata kuliah. Apabila ditambah dengan keseriusan dan ketekunan maka tak heran nilai mereka tinggi sekali. Hebat, Hebat, Luas Biasa!

Dalam pengalaman mengajar penulis, milai rata-rata kelas tertinggi kedua dan ketiga ditempati oleh jurusan teknik sipil dan komputer. Mahasiswa dari kedua jurusan ini pun memiliki konsep dan cara berpikir logis yang amat baik dan terarah.

Para mahasiswa/i sekalian, saya mengajak Anda semua belajar dari mahasiswa jurusan matematika! Belajarlah cara berpikir mereka! Belajarlah cara berargumentasi mereka! Anda studi pada jurusan apa pun, Anda juga bisa maju dan berkembang. Kuncinya, cara berpikirnya harus benar!

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

4 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s