Nasi Goreng Sehatkah?

Oleh Hali

Kalau ditanya makanan apa yang paling umum di Indonesia? Makanan rakyat yang murah, meria dan disukai semua orang? Makanan yang dapat dijumpai di mana pun di Nusantara? Kemungkinan besar jawabannya adalah nasi goreng. Hampir tidak ada orang yang belum pernah makan nasi goreng.

Saking terkenalnya, sudah terbentuk singkatan nasgor. Iya, nasgor, murah dan meriah, mudah memasak, bahan-bahan sederhana. Hampir semua orang menyukai nasgor.

Awal lahirnya nasi goreng dapat kita ketahui. Nasi yang sisa kemarin, sayang untuk dibuang. Nasi sisa kemarin masih dapat diolah kembali menjadi nasi goreng. Cukup dengan menambahkan bawang putih, bawang merah, kecap, garam, sambal maka nasi sisa kemarin akan keluar menjadi makanan baru yang sederhana dan lezat.

Dari sini, sejarah nasi goreng merupakan upaya untuk memanfaatkan dan menghemat nasi sisa. Intinya, mengolah kembali makanan sisa kemarin agar tidak terbuang.

Sejarah nasi goreng sudah tinggal kenangan. Nasi goreng masa kini tidak lagi memanfaatkan nasi sisa. Nasi goreng masa kini memakai nasi baru. Campurannya amat bervariatif. Di pasaran tersedia nasi goreng telur, nasi goreng teri, nasi goreng petai, nasi goreng ayam, nasi goreng sosis dan aneka jenis nasgor lainya.

Ada lagi yang lebih berkelas. Coba pantau daftar berikut ini: nasi goreng seafood, nasi goreng sapi, nasi goreng cumi, nasi goreng udang bahkan nasi goreng kepiting! Harganya, bisa merobek kantong, apalagi jika Anda memesannya di hotel atau restoran berkelas.

Dahulunya nasi goreng merupakan nasi sisa, dimasak ulang dan miskin gizi. Kini, nasi goreng tersedia secara amat kaya dan bervariatif. Kita perlu mencermati bila suka makan nasgor.

Beberapa saran berikut penting untuk disimak. Upayakan makan nasi goreng dengan tambahan sayur-sayuran: tomat, timun, kubis, acar dan lainnya. Nasi goreng perlu cukup gizi, misalnya dengan menambahkan telur, ayam, teri, cumi, ikan asin. Bila nasi goreng menambahkan sayuran dan daging, maka nasgor Anda tak hanya lezat doang, bahkan akan menjadi makanan sehat dan bergizi.

Anda pengemar nasgor? Jangan biarkan nasgor Anda miskin gizi! Olahlah nasgor yang sehat! Mudah sekali! Bila kantong sedang bokek, nasgor cukup ditambah mentimun atau acar sejenis itu dan telur jika memungkin! Bila dompet rada tebal, nasgor Anda bisa ditambah ayam, sapi maupun seafood.

Selamat menikmati nasi goreng yang sehat!

5 Comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s