Kantong Kresek Sayang, Kantong Kresek Malang


Kantong kresek sudah sulit terlepas dari hidup sehari-hari manusia masa kini. Ia telah menjadi satu kebutuhan yang tak terpisahkan dari hidup kita. Belanja pakai kantong kresek. Buang sampah butuh kantong kresek. Bahkan kini telah tersedia pula jas hujan yang terbuat dari kantong kresek. 

Di Daratan Tiongkok, pemakaian kantong kresek teramat banyak setiap harinya. Saking pusingnya menghadapi kantong kresek, masyarakat di sana menjulukinya sebagai “Kantong kresek adalah penemuan manusia yang paling mencelakakan (塑料袋是世界上最糟糕的发明).” Di satu pihak, penemuan kantong kresek merupakan prestasi besar dari umat manusia. Kantong kresek memberikan banyak kemudahan dalam urusan bungkus-membungkus. Ia ringan, kecil, tipis namun dapat mengisi dan membawa cukup banyak barang. Namun di lain pihak, permasalahannya, sampah dari kantong kresek akan mengakibatkan polusi tanah dan polusi air. Kantong kresek tak akan terdaur hingga lima puluh tahunan.

Selesai dipakai sekali lantas dibuang. Kantong kresek akan mencelakakan umat manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Apa yang mesti kita lakukan terhadap kantong kresek? Coba pertimbangkan beberapa langkah praktis berikut! Sebisa-bisanya mengurangi pemakaian kantong kresek, terutama kantong kresek sekali pakai lalu buang. Kita perlu mengupayakan daur ulang kantong kresek. Supermarket-supermarket mulai mengambil kebijakan praktis: kantong kresek tak diberikan gratis namun dijual. Hasilnya, penurunan drastis pemakaian kantong kresek. Lumayan menggembirakan! Sesungguhnya, bukanlah tidak mungkin untuk menghentikan sama sekali pemakaian kantong kresek. Relakah kita? Siapkah kita? Marilah kita bergerak berbuat sesuatu untuk mengatasi masalah kantong kresek!

3 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s