Tak Membutuhkan Mie Instan


Kini mie instan amat populer. Berbagai negara telah memproduksi dengan merek dagang dan cita rasanya yang bervariasi. Memang harus diakui mie instan amat lezat dari segi rasa. Itulah sebabnya mie instan banyak dikonsumsi orang sebagai makanan sehari-hari. mie instan termasuk kategori makanan cepat saji. Kapanpun seseorang merasa lapar, dia dapat segera memasaknya, sebentar kemudian langsung dapat dimakan.

Kenyataannya, komponen utama dari mie instan adalah tepung. Tepung terbuat dari gandum yang digiling halus. Sebagai tambahan, mie instan umumnya berisi tiga unsur lain: perasa, pengawet dan kadang  juga pewarna. Ketiga unsur tersebut tidak baik bagi kesehatan. Makanan sehari-hari kita terdiri dari empat komponen penting: makanan pokok, lauk-pauk, sayur-sayuran dan buah-buahan. Untuk makanan pokok, kita mesti berupaya mendapatkan makanan utuh (whole grain). Adapun lauk-pauk, sayuran dan buah perlu yang segar. Keempat komponen makanan tersebut menyediakan gizi yang cukup bagi kesehatan.

Di beberapa propinsi di Tiongkok, ornag-orang mengkonsumsi mie sebagai makanan pokoknya. Saya dan istri pernah tinggal dua tahun di Xi’an, propinsi Shaanxi. Masyarakat setempat mengkonsumsi mie setiap hari sebagai makanan pokok. Meskipun begitu, mie yang mereka konsumsi bukanlah mie instan. Mereka mengkonsumsi mie buatan sendiri atau membeli mie basah. Setiap keluarga bisa membuat mie dengan mudah sekali. Mie yang mereka makan tidak mengandung ketiga unsur di atas. Dengan demikian, bila Anda menyukai mie dan membutuhkan mie setiap hari sebagai makanan pokok, Anda dapat belajar untuk membuat mie sendiri atau pun membeli mie basah. Selanjutnya, Anda tidak lagi membutuhkan mie instan.

3 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s