Kategori
Health Kesehatan

Pengawet, Perasa, Pewarna


Oleh Hali

Pengawet, Perasa, Pewarna

Zaman kita semakin modern. Teknologi makanan pun makin maju. Maksudnya, cara pengelolaan makanan semakin berkembang hebat.

Pabrik produk makanan amat bahagia dengan kemajuan Food Tech. Jurusan Teknologi Makanan dan teknologi Pangan cukup diminati calon mahasiswa. Belum lagi, jurusan ini menjanjikan kesempatan kerja yang luas di pabrik-pabrik produk makanan.

Makanan modern kita sekarang dipenuhi dengan aneka pengawet, ragam perasa dan macam-macam pewarna. Sebagian masih alamiah. Akan tetapi sebagian besar berupa sintetik. Kondisi sedemikian sungguh mengkhawatirkan para pakar kesehatan.

Tiga unsur di atas sebagian besar muncul di bagian komposisi makanan. Cobalah Anda mengamati pembungkus produk makanan yang Anda beli! Marilah kita menyoroti sekilas ketiga unsur tersebut!

Unsur pengawet menempati tempat utama. Makanan bisa tahan lama pasti memerlukan pengawet. Celakanya, kebanyakan produk makanan bukan menggunakan pengawet alamiah, melainkan pengawet.sintetis, pengawet kimiawi.

Unsur perasa memainkan peranan penting. Rasa makanan amat menentukan selera konsumen. Celakanya, kebanyakan produk makanan bukan menggunakan perasa alamiah, melainkan perasa.sintetis, perasa kimiawi.

Unsur pewarna menjadi daya tarik. Mata konsumen tertuju pada warna makanan. Celakanya, kebanyakan produk makanan bukan menggunakan pewarna alamiah, melainkan pewarna.sintetis, atau yang dinamakan pewarna kimiawi.

Ketiga unsur di atas amat mengkhawatirkan. Pengawet, perasa dan pewarna didominasi oleh bahan sintetik atau kimiawi. Kondisi ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

Setiap kita patut prihatin dengan produk makanan masa kini. Sebenarnya, banyak pengawet alami, banyak perasa alami dan banyak pewarna alami. Pengawet, perasa dan pewarna alami sehat bagi tubuh kita.

Sebagian konsumen mulai sadar terhadap pengawet, perasa dan pewarna yang terdapat dalam produk makanan yang mereka beli. Sebagian pabrik mulai kembali menggunakan pengawet, perasa dan pewarna alami.

Sebagai konsumen, Anda harus memperhatikan produk makanan yang Anda beli. Sebagai produsen, pabrik dan IRT mesti menggunakan bahan-bahan alami yang menjamin kesehatan konsumen.

Sebagai pemerintah dan pengawas, produk-produk harus dipantau terus-menerus. Setiap kita mempunyai tanggung jawab terhadap produk makanan modern masa kini.

One reply on “Pengawet, Perasa, Pewarna”

Tinggalkan Balasan