Gereja TSPM

Oleh Hali

Apakah TSPM itu? Apa pula gereja TSPM? Di mana gereja seperti itu?

TSPM merupakan akronim dari Three Self Patriotic Movement (三自爱国运动). Gereja TSPM merupakan gereja-gereja yang tergabung di dalam TSPM. Gereja seperti ini ada di Tiongkok.

Gereja TSPM berada di seantero Tiongkok. Di setiap propinsi dan kota selalu eksis. Satu kota bisa ada sekitar 10 gereja. Pada kota yang makin besar, gerejanya akan semakin banyak.

Lantas apakah yang dimaksud dengan Three Self itu? Three Self terdiri dari Self-Support, Self-Government, Self-Propagation. Bagaimana kita memahami Tiga Diri di sini?

Pendanaan berasal dari jemaat setempat. Umumnya tanah dari gedung gereja merupakan semacam hibah dari pemerintah. Pembangunan gedung berasal dari swadaya jemaat lokal setempat, atau pun dapat pula berasal dari dukungan sekitar di kota yang bersangkutan. Inilah makna dari Self Support.

Gereja ini memerintah diri sendiri. Mereka hendak terbebas dari campur tangan pihak asing. Dahulu, campur tangan dari pihak luar negeri kentara sekali. Hal ini yang hendak diputuskan sama sekali. Inilah makna dari Self Government.

Gereja ini melakukan penginjilan dengan modelnya sendiri. Mereka hendak terbebas dari para misionaris. Inilah makna dari Self Propagation.

Jelaslah bahwa three self hendak terbebas dari campur tangan pihak asing. Kondisi ini menjadikan gereja-gereja di Tiongkok memiliki kemandirian.

Kemandirian di sini tetap berada di dalam pantauan pemerintah. Hal ini berguna menjaga stabilitas politik dan keamanaan.

Masyarakat internasional memahami gereja TSPM sebagai gereja resmi. Ada pula yang menamakannya sebagai gereja pemerintah atau gereja negara.

Gereja TSPM merupakan organisasi yang menghimpunkan gereja-gereja di Tiongkok. Gereja-gereja di sini khususnya Protestan. Sementara gereja-gereja juga mempunyai organisasi yang serupa.

Bapak Ibu Saudara-Saudari sekalian, jikalau sedang pergi ke Tiongkok, Anda dapat beribadah di sana. Gereja TSPM selalu memiliki gedung gereja. Tentu gedung mereka dilengkapi dengan pernah-pernik salib, papan nama dan rincian jam ibadah.

Satu hal penting tak boleh diabaikan. Umumnya orang-orang yang beribadah penuh sesak. Jam ibadah beberapa kali setiap hari Minggunya. Anda perlu datang lebih awal. Kalau terlambat, mungkin Anda tak bakal mendapatkan kursi kosong. Anda masih bisa ibadah sambil berdiri. Atau, Anda menanti sampai jam ibadah yang berikutnya.

Jikalau sedang minggu Perjamuan Kudus, Anda perlu datang lebih awal. Jemaat yang beribadah dijamin akan membludak. Ruang-ruang lain di dalam gedung gereja pun akan penuh sesak. Sampai-sampai tak jarang jemaat membawa kursi kecil sendiri untuk duduk beribadah di luar gedung gereja.

Anda perlu ikut ibadah mereka. Anda akan mengerti sendiri. Anda akan memahami ramai jemaat laksana pasar.

Satu komentar pada “Gereja TSPM”

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s