Singapura Kelola Air Laut


Singapara adalah sebuah negara kecil. Kecil sekali wilayah daratnya, paling-paling berukuran sebesar propinsi Jawa Barat. Meskipun kecil, negara ini dikategorikan negara maju. Singapura patut mendapat acungan jempol.

Berhubung willayah daratnya kecil, sumber air menjadi terbatas sekali. Sumber air tawar yang ada tak mampu mencukupi kebutuhan hidup masyarakat. Paling tidak, kebutuhan mendasar air bersih adalah untuk minum, memasak dan mandi. Itu belum ditambah lagi dengan kebutuhan air bagi industri.

Kondisi ini amat disadari oleh negara singa tersebut. Itu sebabnya Singapura mencari berbagai upaya untuk dapat mencukupkan kebutuhan air bersih mereka. Secara nasional, pemerintah Singapura memiliki empat program besar pengelolaan air bersih. Mereka menyebutnya sebagai four nasional taps.

Kita hanya akan melihat salah satu di antaranya. Program ini dinamakan desalinasi. Ini program yang hebat. Bukan hanya Singapura yang mengerjakan desalinasi. Ada pula negara-negara lain yang sudah mengerjakan bahkan ada negara yang mempunyai teknologi desalinasi yang lebih maju dari Singapura.

Apakah Desalinasi itu? Marilah kita mengamati cara kerja desalinasi!

Air laut merupakan air asin. Air asin tak dapat dikonsumsi manusia, termasuk hewan dan bahkan tumbuh-tumbuhan. Kebutuhan air industri pun tak dapat dipenuhi dari air laut.

Bagaimana air laut dapat dimanfaatkan? Air laut mesti dikelola. Air yang asin diproses sampai menjadi air yang tawar. Proses mengelola air laut menjadi air tawar inilah yang dinamakan sebagai desalinasi. Sederhananya, desalinasi dapat didefinisikan sebagai proses pemurnian air laut dari kadar garamnya sampai menjadi air tawar yang layak dikonsumsi.

Bagaimana dengan negara kita Indonesia? Nusantara berlimpah ruah sumber air tawar. Indonesia berlebih-lebihan air bersihnya. Oleh karena kelebihan ini terkadang membuat kita tak lagi merasa perlu untuk memelihara sumber air bersih. Sumber air bersih diboroskan secara sia-sia. Sumber air bersih dibiarkan tercemar.

Jikalau kenyataan-kenyataan negatif ini dibiarkan berlanjut terus, bukan tidak mungkin suatu hari kelak Indonesia pun akan kekurangan sumber air bersih. Jangan sampai suatu hari kelak, kita pun terpaksa mengembangkan proyek desalinasi. Wallahualam!

Mari kita merawat sumber air bersih yang ada! Marilah kita memanfaatkan air bersih secara bertanggung jawab dan tepat guna!

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog).

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat.

3 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s