Kerajaan Seribu Tahun


Studi tentang akhir zaman dalam iman Kristen sering disebut dengan istilah teknis, yaitu eskatologi. Salah satu pokok perbicaraan eskatologi dinamakan sebagai Kerajaan Seribu Tahun. Secara teknis, pemahaman tentang Kerajaan Seribu Tahun dinamakan milenialisme. Mengenal Kerajaan Seribu Tahun, orang-orang Kristen umumnya terbagi ke dalam tiga pandangan yang berbeda.

Pertama, pandangan Premillenialisme. Mereka berpendapat bahwa sebelum Kerajaan Seribu Tahun terjadi, Yesus Kristus telah kembali.

Kedua, pandangan Postmillenialisme. Mereka berpendapat bahwa sesudah Kerajaan Seribu Tahun terjadi, Yesus Kristus akan kembali.

Ketiga, pandangan Amillenialisme. Mereka berpendapat bahwa Kerajaan Seribu Tahun tidak dipahami sebagai genap angka seribu tahun.

Penulis secara pribadi berpegang pada pandangan yang ketiga, yakni pandangan Amillenialisme. Antara orang Kristen yang satu dengan lainnya bisa memiliki pandangan yang berbeda. Kita tidak perlu bermusuhan karena perbedaan pandangan tersebut. Kita tetap adalah sesama anggota tubuh Kristus.

Kita akan melanjutkan topik ini lagi dalam tulisan mendatang, dengan judul Wahyu Pasal 20. Bacalah perikop ini dan nantikanlah!

3 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s