Kategori
Health Kesehatan

Menghindari Makanan Sampah


Oleh Hali

Masyarakat primitif dan manusia era Pramodern tidak mengenal konsep makanan sampah. Dalam era modern dan pascamodern kita mengenal apa yang dinamakan sebagai makanan sampah.

Sebagian orang telah memahami hal ini namun sebagian besar orang belum mengenal makanan sampah. Ataupun, jika mereka sudah mengetahuinya, pada kenyataannya mereka tak perduli sama sekali dengan makanan sampah.

Apa arti ini semua? Mereka masih mengkonsumsi makanan sampah setiap hari dan mereka memandangnya sebagai makanan wajar (makanan sehat).

Sekarang kita mesti menerangkan makanan sampah dengan mengambil contoh konkrit. Satu contoh terkenal dari makanan sampah adalah makanan yang dinamakan donat.

Sekitar lima belas tahun yang lalu, seorang dokter Amerika datang ke Bandung. Beliau menyampaikan kepada kami satu sesi ceramah sekitar satu jam. Oleh karena ceramahnya begitu menarik dan berharga, penulis membuat sebuah ringkasan ceramah itu dan masih menyimpannya hingga kini.

Satu topik yang paling menarik dari ceramah itu adalah pernyataan bahwa donat sebagai makanan sampah. Menurut beliau, donat memiliki tiga aspek dari makanan yang tidak sehat. Donat terbuat dari tepung, yang dihaluskan dan bukan gandum utuh. Donat digoreng dengan minyak sayur. Donat diolesi gula halus.

Kita semua tahu bahwa donat merupakan salah satu makanan favorit di Amerika. Sebagai seorang yang berdomisili di sana, beliau sudah mengamati betul kondisi ini. Beliau mengkhawatirkan kesehatan masyarakat yang mengkonsumsi makanan sampah itu. Bagaimana dengan Anda?

Kini saya berharap kita sudah dapat memahami apa yang dinamakan makanan sampah. Segala jenis makanan sampah tidak baik bagi kesehatan. Tatkala sedang lapar, makanan sampah memang dapat memberikan rasa kenyang sesudah dimakan.

Pada kenyataannya, makanan sampah tidak dapat menyediakan gizi yang cukup bagi tubuh kita. Dengan demikian, masihkah engkau akan mengkonsumsi makanan sampah lagi? Mohon, berhentilah mengkonsumsi makanan sampah mulai hari ini juga!

Bapak Ibu Saudara-Saudariku sekalian, sekarang sudah jelas bagi kita. Langkah berikut adalah aksi. Anda tak boleh berdiam diri saja. Anda perlu menghentikan makanan sampah dari makanan Anda. Begitu pula dengan makanan bagi anggota keluarga. Jangan lagi membiarkan anggota keluarga mengkonsumsi makanan sampah!

9 replies on “Menghindari Makanan Sampah”

Tinggalkan Balasan