Gado, Pecel, Ruper, Lotek

Oleh Hali

Ini sebuah teka-teki. Apakah makanan paling populer di Indonesia? Isinya, semua sayuran. Tidak ada daging sama sekali di dalamnya. Meskipun begitu, makanan ini disukai semua orang.

Jawabannya yang pertama bisa jadi adalah gado-gado. Ada orang yang menempatkan pecel dalam urutan nomor satu. Antara pecel dan gado-gado sulit dipilih salah satunya. Dari segi rasa, bumbunya punya ciri khas yang berbeda. Di dalam pecel ada kencur dan daun jeruk yang memberi rasa khas. Bumbu gado-gado tak mengandung kedua itu namun rada lengket dan kental.

Selain gado-gado dan pecel, masih ada makanan sejenis lainnya. Masyarakat Sunda memiliki lotek dan karedok. Lotek lebih dominan bagi kebanyakan orang berhubung sayur-sayurannya telah direbus. Sementara karedok kurang disukai sebagian orang berhubung semua sayurannya mentah. Makanan khas Sunda ini tak kalah lezat dibandingkan pecel dan gado-gado.

Satu lagi perlu disebutkan di sini. Rucin, rujak cingur! Kadang ada yang lebih suka rujak petis. Penulis secara pribadi menyukai keduanya, baik rujak cingur maupun rujak pecis.

Ada sedikit catatan kecil, setiap kali memesan rujak cingur, saya pesan yang tidak pakai cingur. Tentu cingur tidak masuk ke kategori sayur-mayur.

Apa istimewanya empat atau lima makanan ini? Isinya semua sayur-sayuran. Kaya sekali vitamin dan mineral! Bumbu mereka yang menjadikan makanan itu enak.

Bisa makan pedas dan dapat pula tak pedas. Ada yang suka Tambah lontong atau pun nasi, dijamin sudah kenyang dan sehat. Ada pula yang suka ditambah dengan krupuk.

Ayo makan gado-gado! Ayo makan pecel! Ayo makan lotek atau karedok! Ayo makan rujak cingur atau rujak petis!

1 Comment

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s