Capaian Xi Jinping

Oleh Hali

Xi Jinping merupakan presiden kedelapan dari RRT. Ada orang yang menyebutnya kesekian, berdasarkan cara perhitungan tertentu. Yang jelas beliau kini memimpin negara Tirai Bambu. Mungkin pula masih akan memimpin untuk putaran berikut.

Ini yang sedang disoroti oleh dunia. Beliau sudah menjabat dua putaran: 2013-2018 dan 2018-2022.

Pada tahun 2018 Tiongkok merevisi masa jabatan presiden. Tak lagi dibatasi dua putaran. Ini membuka peluang bagi Presiden Xi untuk melanjutkan memimpin China.

Mancanegara menanti suksesi kepemimpinan di Tiongkok. Untuk sekarang ini, kita hanya dapat mengatakan kemungkinan besar beliau melanjutkan jabatan sebagai presiden. Mungkin pula tidak. Artinya, beliau digantikan oleh orang lain.

Tanda-tanda ke arah melanjutkan jabatan memang cukup jelas. Prestasi beliau menjadi sorotan di dalam negeri. Di luar negeri, tidak sedikit orang yang mengakui keberhasilan Presiden Xi.

Sosok ini merangkak dari bawah. Memasuki anggota partai pun penuh perjuangan. Jabatan demi jabatan dijajaki tahap demi tahap. Sewaktu revolusi kebudayaan, beliau harus turun ke desa. Tak boleh dilewatkan, Jinping lulusan universitas nomor wahid di negaranya.

Salah satu prestasi beliau adalah mengentaskan kemiskinan. Satu per satu daerah miskin ditanggani. Mereka yang hidup terpencil sekali, bahkan berbahaya untuk dijangkau, didekati dan dipindahkan ke desa-desa yang lebih terjangkau, lengkap dengan fasilitas rumah dan perabotan yang lebih dari layak huni.

Prestasi lain, membersihkan negara dari praktek korupsi. Sudah tak terhitung pejabat dan mantan pejabat yang terkena penindakan atas perbuatan korupsi baik di masa lalu maupun masa kini. Beliau membersihkan partai dan pemerintah dari praktek-praktek korupsi. Harta kekayaan dari para koruptor disita menjadi milik negara. Rakyat dan masyarakat internasional amat memuji keberhasilan Tiongkok di bidang penindakan terhadap koruptor. Koruptor harus dimiskinkan! Itulah prinsip yang berlaku di China.

Prestasi berikut, dalam bidang ekonomi. Tiongkok telah menggantikan Jepang menjadi ekonomi terbesar kedua di dunia. Jangan-jangan sekarang RRT telah menduduki posisi ekonomi nomor satu yang mengeser USA. Capaian ini yang amat mengesalkan Amerika. Tak mau posisinya tergeser. Perang dagang dilancarkan USA terhadap Tiongkok.

Prestasi yang terus dijalankan, yakni mengenai kesetaraan. Beliau masih terus menggalakkan. Tiongkok ingin mendongkrak apa yang dinamakan sebagai kemakmuran bersama. Upaya ini dilakukan lewat tindakan-tindakan konstruktif terhadap orang-orang superkaya di negara Tirai Bambu. Para milyarder diharuskan berkontribusi secara aktif untuk menuju kemakmuran bersama di dalam negeri.

Bapak Ibu Saudara-Saudari sekalian, itulah beberapa prestasi beliau. Keempat capaian Presiden Xi yang kita sebutkan di atas paling patut mendapat acungan jempol.

Negara-negara lain dapat berkaca dari keberhasilan Tiongkok. Kita pun dapat maju. Setiap negara dapat maju. Setiap negara berhak untuk maju.

2 Comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s