Melarat Tetap Sehat

Oleh Hali

Manusia makan tiga kali dalam sehari. Bagi mereka yang mempunyai gangguan pencernakan, dianjurkan makan lima bahkan sampai tujuh kali sehari. Hanya, porsi makan kecil atau sedikit. Singkatnya, Makan sering dengan porsi sedikit atau kecil.

Terdapat orang-orang yang tak mampu makan sehari tiga kali. Mereka makan sehari dua kali saja. Lebih parah lagi, ada orang yang hanya sanggup makan satu kali dalam sehari.

Orang-orang yang hanya sanggup makan sekali sekali dalam sehari inilah yang kita kategorikan sebagai melarat. Berhubung kesulitan ekonomi, mereka tak mampu menyediakan makanan bagi diri sendiri. Tahukah Anda, sehari bisa makan sekali itu sudah penuh ucapan syukur bagi mereka.

Jikalau suatu kali hidup Anda jatuh melarat, apa yang akan Anda lakukan? Anda hanya sanggup makan sehari satu kali, apa yang hendak Anda makan? Bagaimana Anda dapat tetap bertahan hidup di tengah kemelaratan? Kita akan menganalisis gaya makan dalam hidup melarat!

Anda harus tetap bertahan hidup. Walaupun masa itu hidupmu begitu sulit. Melarat sehingga hanya sanggup membeli makanan satu kali dalam sehari. Hidup prihatin karena sehari hanya bisa memasak sekali saja.

Mungkin bagi Anda seorang diri saja dan mungkin pula bagi seluruh anggota satu keluarga. Dalam situati kondisi sulit itu Anda perlu menyiasati hidup. Marilah kita melanjutkannya!

Orang-orang makan sehari tiga kali. Anda hanya sanggup sehari satu kali. Di sini Anda dipertahankan untuk memilih. Anda makan pagi saja? Makan siang saja? Atau makan malam saja?

Sebagian orang memilih makan malam, perut kenyang lalu bisa tidur nyenyak. Sebagian lagi memilih makan siang, pagi dan sore masih harus bekerja. Satu pilihan lagi, Anda memilih sarapan saja.

Plihan ketiga jauh lebih bijaksana. Tampaknya pilihan ketiga merupakan pilihan yang tepat. Dari sisi kesehatan, mestinya Anda memilih yang ketiga, cukup sarapan saja. Resikonya, siang dan malam tidak punya makanan. Apa boleh buat!

Sesungguhnya sarapan jauh lebih penting daripada makan siang dan makan malam. Sarapan penting bagi semua orang. Pagi makan, lalu manusia melanjutkan aktifitas. Mungkin dia sekolah. Mungkin dia bekerja. Atau melakukan kegiatan lain sesuai dengan usia dan tanggup jawab masing-masing.

Dengan mengkonsumsi sarapan, perut kita terisi makanan. Kita melakukan kegiatan kita dengan penuh tenaga sepanjang hari. Semoga Anda sanggup dan tetap energik sepanjang hari!

Lantas apa yang Anda makan? Bagaimana susunan menu Anda? Sekali lagi, Anda hanya sanggup menyediakan makanan satu kali dalam sehari. Dalam situasi dan kondisi melarat ini, apakah isi sarapan Anda?

Berbuhung hidup di Indonesia, Anda akan menyediakan nasi. Nasi sebagai makanan utama buat sarapan Anda. Apakah lauk pauknya? Masaklah sayur-mayur. Setiap hari berganti sayur-mayur. Jangan lupa menambahkan gula dan garam dalam menu sayur-mayur Anda. Inilah sarapan Anda setiap hari. Nasi ditambah sayur-mayur yang berganti terus setiap hari. Jangan lupa dengan gula dan garam!

Dengan analisis ini, Anda dijamin tetap dapat sehat. Hidup dalam kondisi melarat dan Anda masih dapat tetap sehat.

Bapak Ibu Saudara-Saudariku sekalian, kunci jawaban terletak pada dua hal. Pertama, Anda harus memilih antara makan pagi, makan siang atau makan malam. Pilihlah makan pagi! Kedua, Anda perlu menyusun menu sarapan Anda. Pilihlah nasi tambah sayur-mayur dengan sedikit gula dan garam dalam masakan sederhana itu.

Anda sedang hidup di tengah kondisi melarat? Anda dapat tetap sehat! Bagaimana dengan Anda yang hidup berkecukupan? Anda pun bisa mencoba pola makan ini.

Satu komentar pada “Melarat Tetap Sehat”

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s