Gereja Bawah Tanah

Oleh Hali

Tak jarang kita mendengar frase berikut ini. Gereja bawah tanah. Bagaimana Anda memahami tersebut?

Sebagian orang langsung mengartikan gereja bawah tanah sebagai gereja yang terletak di bawah tanah. Ini merupakan bentuk pemahaman literal terhaap frase tersebut.

Pengartian di atas adalah salah. Frase gereja bawah tanah tidak berarti gereja tersebut terletak di bawah tanah atau di dalam tanah.

Tiongkok merupakan salah satu negera tempat eksisnya gereja bawah tanah. Negara lain mungkin ada juga. Hanya, jarang sekali terdengar.

Oleh sebab itu, marilah kita memfokuskan diri pada Tiongkok! Bagaimana pemahaman gereja bawah tanah di sana?

Umumnya gereja-gereja di China dinamakan sebagai Gereja Threeself. Gereja-gereja ini resmi. Mereka memiliki gedung. Di setiap kota pasti terdapat beberapa gedung Gereja Threeself.

Apabila mengandalkan gereja-gereja Threeself maka daya tampung tak akan cukup. Selain itu, sebagian orang merasa gereja Threeself diawasi oleh pemerintah.

Kedua sebab di atas membawa akibat didirikannya model gereja yang lain. Model gereja di samping threeself inilah yang dinamakan sebagai gereja bawah tanah.

Frase gereja bawah tanah berasal dari negera-negara Barat. Di dalam bahasa Inggris dipakai frase underground church. Ini tidak harus dipahami sebagai letaknya yang underground. Sekali lagi, ini pengertian literal. Underground church tak tepat dipahami secara harfiah.

Bukan pengertian literal yang hendak ditegaskan dengan frase underground church. Underground hendak mengarisbawahi makna diam-diam atau tersembunyi.

Kembali ke gereja bawah tanah. Gereja model ini diselenggarakan secara diam-diam atau tersembunyi. Mereka tak memiliki gedung gereja. Hanya sebagian kecil dari gereja bawah yang mempunyai gedung gereja.

Karena tidak memiliki gedung, apakah gereja bawah tanah lantas beribadah di bawah tanah? Tidak demikian. gereja bawah tanah beribadah menggunakan rumah penduduk. Bisa pula meminjam kantor yang notabena hari Minggu sedang kosong. Terkadang gereja bawah tanah menyewa khusus satu rumah atau ruang tertentu di sebuah gedung untuk dipakai sebagai tempat berkumpul dan beribadah.

Bapak Ibu Saudara-Saudariku sekalian, semoga sekarang kita semua menjadi jelas. Jangan sampai terjadi kesalahpahaman lagi terhadap gereja bawah tanah! Ini adalah model gereja lain di samping gereja threeself.

Menurut hemat penulis, frase gereja bahwa tanah pun kurang tepat. Model gereja di samping gereja threeself, lebih tepat dipahami sebagai gereja rumah. Home church atau house church. Lebih tepat disebut sebagai gereja rumah atau gereja rumahan.

Gereja rumah lebih tepat untuk mengambarkan kondisi gereja di Tiongkok. Daripada memakai frase underground church lebih tepat kita memakai istilah home church. Kiranya underground church dan home church menjadi jelas sekarang.

Satu komentar pada “Gereja Bawah Tanah”

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: