Penculikan 17 Misionaris

oleh Hali

Baru-baru ini telah terjadi penculikan misionaris. Tak tanggung-tanggung, 17 orang sekaligus. Para misionaris sedang berkunjung ke sebuah panti Asuhan di Ganthier. Sesudah perkunjungan itu, misionaris-misionaris tersebut diculik.

Peristiwa ini terjadi pada hari Selasa tanggal 16 Oktober. Para penculik berasal dari sebuah gang yang disebut sebagai Gang 400 Mawozo.

Penculikan ini kemungkinan besar bermotif uang. Gang 400 Mawozo meminta tebusan US$ 1 Juta perkepala. Nilai ini setara dengan Rp 14 milyar.

Beberapa hari telah berlalu. Pihak kepolisian Haiti masih terus berupaya. Belum ada berita dari mereka.

Para misionaris itu sebagian besar berasal dari USA. Satu orang di antaranya adalah warga negara Canada. Kedutaan AS masih berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat.

Warga setempat mulai bereaksi keras atas penculikan tersebut. Pada hari Selasa 19 Oktober, penduduk turun ke jalan-jalan di daerah Titayen. Mereka berdemonstrasi atas penculikan 17 misionaris tersebut. Para pengunjuk rasa menuntut Gang 400 Mawozo untuk segera membebaskan para misionaris.

Pada bulan April tahun ini, geng yang sama telah menculik beberapa orang pastor dan biarawati. Bersyukur bahwa orang-orang itu kemudian dilepaskan oleh para penculik.

Pada bulan Juli, Presiden Hati mati terbunuh dalam sebuah serangan di kediamannya. Bulan Agustus terjadi gempa bumi dahsyat di Haiti. Kerusakan-kerusakan masih dalam proses pemulihan

Masyarakat setempat merasakan sekali kehadiran para misionaris di tengah-tengah mereka. Misionaris-misionaris tersebut memperbaiki jalan-jalan. Rumah-rumah warga yang rusak juga diperbaiki. Yang paling utama, pendidikan bagi anak-anak terjamin dengan kehadiran mereka.

Haiti adalah sebuah negara di daerah Karibia. Gangguan keamanan memang acapkali terjadi di negara tersebut. Seorang mahasiswa mengaku terpaksa berhenti kuliah karena takut diculik dalam perjalanan pulang pergi dari rumah ke kampus. Kondisi seperti ini sudah sangat memprihatikan warga.

Marilah kita dapat mendoakan kondisi keamanan di negara Haiti! Kiranya kepolisian setempat dapat segera mengatasi dan menegakkan keamanan! Kiranya kehidupaan masyarakat setempat dapat segera pulih. Kiranya ketujuh belas orang misionari tersebut dapat segera dibebaskan!

Satu komentar pada “Penculikan 17 Misionaris”

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s