Pengobatan TCM Kop

oleh Hali

Kosep luas pengobatan Tiongkok disingkat sebagai TCM. Ini merupakan kependekan dari Traditional Chinese Medicine (Pengobatan China Tradisional). TCM merupakan gabungan dari beraneka ragam pengobatan yang telah dikembangkan berdasarkan perkembangan peradaban Tiongkok.

Kop merupakan salah satu bentuk konkret dari TCM. Bahasa Inggris sering menyebutknya sebagai cupping. Ini berasal dari kata dasar cup (cangkir) lalu membentuk kata kerja cupping. Dalam bahasa Mandarin 拔罐儿 baguaner atau  拔火罐儿 (bahuoguan er).

Pada masa silam, kop memakai gelas. Api dibutuhkan untuk membentuk tenaga agar gelas dapat menyedot. Kop bekerja dengan menarik angin dari dalam tubuh lewat kulit. Atau, kop menyedot panas tubuh lewat kulit kita. Inilah hal mendasar dalam pengobatan kop.

Seiring kemajuan iptek, alat kop sekarang tak lagi memakai api. Penggunaan api beresiko terbakarnya kulit atau kobong lainnya. Kini, alat kop menjadi mudah didapatkan.

Alat kop sudah dijual bebas. Yang sedikit gelasnya, harga di bawah seratus ribu rupiah. Yang lebih lengkap dan banyak bisa mencapai tiga ratus ribu.

Bagi Anda yang awam dan pemula, cukup membeli yang sederhana. Isinya enam cup ditambah satu alat pompa kecil. Cup-cup itu berdiameter dari besar sampai yang kecil. Diameter terbesar sekitar 6 cm dan diameter terkecil sekitas 2 cm. Alat pompa tidak berfungsi untuk memompa angin. Justru sebaliknya, alat pompa ini dipakai untuk menyedot angin.

Kop biasanya dilakukan pada bagian leher belakang dan punggung belakang. Paha dan betis pun terkadang dikop. Terkadang kop juga dilakukan di bagian dada. Bagian perut dan pinggang depan dan belakang umumnya dihindari.

Sebelum dikop, kulit kita bisa diolesi minyak. Ini bukanlah keharusan. Kop dapat dilakukan sesudah maupun sebelum mandi.

Seorang pakar TCM pernah mengingatkan saya. Kop harus menghindari pukul 12. Bila hendak kop, lakukanlah pada pukul 6 pagi sampai pukul 11. Sesudah itu, kop bisa dilakukan pada pukul 13 sampai 18. Hindarilah tengah hari pukul 12 dan tentu juga pukul 24. Tengah hari dan tengah malam perlu dihindari.

Sesudah melakukan kop, perhatikanlah permukaan kulit! Bila kulit tetap berwarna putih atau sedikit merah, ini memberikan indikasi bahwa kondisi tubuh kita cukup baik dan sehat. Apabila kulit berwarna merah tua (merah hati), ini menegaskan tubuh Anda sedang lemah sekali. Banyak angin atau hawa panas telah disedot keluar lewat kop. Niscaya, kesehatan tubuh Anda akan segera pulih.

Apa istimewanya pengobatan kop? Menurut TCM, tiga kelompok penyakit ini umum ditolong dengan cupping. Apa sajakah? Ketiganya adalah arthritis, pneumonia dan neuralgia. Di samping ketiga macam penyakit itu, masih ada penyakit-penyakit lain yang juga bisa diobatasi lewat kop.

Bagaimana dengan pneumonia baru? Bisakah diatasi dengan kop atau cupping? Kita masih menanti penelitian dalam TCM.

Satu komentar pada “Pengobatan TCM Kop”

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s