Lintah Darat

oleh Hali

Masyarakat tanah air seringkali mendengar frase lintah darat. Maksudnya, mereka yang meminjamkan uang dengan bunga yang tinggi sekali. Saking tingginya bunga, kita bisa menyebut sebagai bunga mencekik. Itulah sebabnya diberi sebutan lindah darat.

Lintah menyukai hidup di tempat berair. Itu sebabnya lintah sering kita temukan di sungai, rawa dan selokan. Orang-orang yang masuk ke dalam air. Lalu, tanpa disadari bisa digigit oleh lintah. Sebenarnya Lintah menempel pada kulit. Umumnya pada bagian kaki. Lintah hanya menempel untuk kebutuhan mengisap darah.

Orang-orang bijaksana tempo dulu mengembangkan ide lindah mengisap darah menjadi lintah darat. Lintah yang satu ini bukan hidup di dalam air, melainkan di darat. Dia tidak mengisap darah. Apakah yang dihisap oleh lintah darat? Lintah darat mengisap hasil keringat Anda melalui bunga uang.

Lintah darat sering berjalan keliling. Mereka mengunjungi rumah demi rumah. Mereka menawarkan pinjaman ke orang-orang. Pada masa kini, lintah darat juga memanfaatkan teknologi modern. Mereka menelpon calon korban. Mereka mengirimkan pesan lewat whatsapp.

Lintah darah menetapkan bunga yang rendah (per bulan). Bunga itu terlihat rendah karena dihitung perbulan. Paling-paling sebulan 5% saja. Bunga yang rendah ini apabila dihitung ke dalam bunga tahunan maka angka itu secara kasar akan menjadi 5% x 12 = 60%. Jadi, sebenarnya bunga uang yang ditentukan oleh lintah darah yang menentukan 5% perbulan sama dengan 60% pertahun. Bunga uang inilah yang diisap oleh lintah darat dari orang-orang yang meminjam uang padanya.

Anda dapat membandingkan dengan pinjaman di Bank. Termasuk bisa dibandingkan dengan kredit rumah atau kredit mobil. Bank menetapkan suku bunga harus lebih rendah atau maksimal sama dengan dari standar suku bunga yang dipatok oleh pemerintah.

Suku bunga pinjaman di bank-bank dihitung pertahun. Dalam kondisi ekonomi sulit dan bergejolak pemerintah bisa menetapkan suku bunga tinggi, misalnya sampai 15% pertahun. Akan tetapi, umumnya hal itu jarang terjadi. Dalam kondisi normal, suku bunga pinjaman biasanya rendah. Bisa di bawah angka 10% pertahun dan bahkan terkadang sampai di bawah 5% pertahun.

Sekarang coba Anda bandingkan dengan suku bunga yang ditentukan lintah darat! Angka 5% perbulan secara kasar berarti 60% pertahun. Amat sangat mencekik leher! Lintah ini mengisap darah banyak sekali dari korbannya.

Selain bunga yang sangat tinggi, masih terdapat hal lain. Umumnya, lintah darat memanfaatkan kelemahan korban. Korban sedang kesulitan keuangan. korban sedang menghadapi hidup yang susah. Orang yang sedang tidak kesulitan keuangan, bisa menjadi korban dari lintah darat. Mereka yang gemar berhutang. Ini punmenjadi sasaran dari lintah darat. Hati-hatilah Anda yang hobby berhutang! Bisa jadi sekarang Anda sedang menjadi incaran lintah darat.

Bapak Ibu dan Saudara-Saudariku sekalian, apakah sekarang “darah Anda” sedang diisap oleh lintah darah? Ataukah keluarga Anda “kulit kakinya” sedang ditempeli lintah darat? Adakah teman Anda akan kehabisan darah karena sedang asyik diisap oleh lintah darat?

Jikalau jawabannya “ya,” bergegaslah mengambil tindakan! Lepaskanlah diri Anda dari tempelan lintah darat! Cepat-cepat cari solusi untuk keluar dari kepungan lintah darat! Lebih cepat akan lebih baik. Jangan sampai Anda kehabisan darah, kering terisap!

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s