Sumber Berlimpah Ruah


oleh Hali

Di Indonesia setiap propinsi memiliki perpustakaan daerah. Perpus daerah berlokasi di ibukota propinsi. Beruntunglah bagi Anda yang tinggal di ibukota propinsi. Setiap hari Anda bisa berkunjung ke sana untuk membaca dan meminjam buku.

Selain itu, perpus daerah masih menyediakan akses tambahan. Ada perpustakaan keliling. Mobil berisi buku-buku berkeliling sesuai dengan pengaturan jadwal. Beruntunglah Anda yang dikunjungi oleh perpustakaan keliling.

Selain itu, terdapat pula perpustakaan swasta. Perorangan atau organisasi tertentu mengusahakan perpustakaan. Perpustakaan swasta ini terbuka bagi umum. Lazimnya model perpustakaan ini sering disebut taman bacaan atau rumah baca. Apakah ada taman bacaan di dekat rumah Anda?

Masih terdapat satu perpustakaan lagi yang tak boleh tidak disebutkan di sini. Perpustakaan nasional! Anda pernah mendengar perpustakaan nasional? Namanya juga perpustakaan nasional, tentu perpusnas terletak di ibukota propinsi. Masyarakat ibukota dan sekitarnya bisa berkunjung ke sana sesuai dengan jadwal pelayanan mereka. Selain membaca di sana, orang-orang  pun dapat meminjam buku untuk dibawa pulang.

Hal ini belumlah apa-apa. Masih terdapat satu lagi layanan penting dari perpusnas. Layanan macam apakah gerangan? Perpusnas menyediakan satu sumber yang disebut sebagai e-resources. Maksudnya adalah sumber elektronik. Perpustakaan nasional menyediakan sejumlah besar bahan bacaan dalam bentuk digital.

Sumber elektronik ini dapat dibagi dua macam: ebook dan ejournal. Artinya, terdapat buku-buku digital dan jurnal-jurnal digital. Anda dapat mengaksesnya di situs perpusnas lalu cari pada bagian e-resources-nya. Sumber ini terletak di laman utama perpusnas bagian tengah lalu lihat sebelah kanan. Di sana terdapat logo lingkaran berwarna hijau dengan gambar komputer berwarna putih di tengah lingkaran. Tulisan yang tertera di sana adalah E-RES. Itulah sumber elektronik yang sedang kita cari. Berikut ini saya menyertakan linknya: https://e-resources.perpusnas.go.id/

Sumber digital macam apa saja yang tersedia di sana? Sederetan sumber digital telah dilanggan perpusnas. Kita dapat menyebutkan beberapa di antaranya: Pro-Quest, SAGE, Ebsco, Taylor & Francis, Balai Pustaka, Wiley, CNKI, Brill dan masih banyak sumber elektronik lain. Semua itu termasuk bahan bacaan digital berkelas dunia.

Lantas, ebook dan ejournal bidang apa saja yang mereka tawarkan? Anda dapat menemukan bahan ilmu sosial, ilmu alam, humaniora, teknik, bisnis dan lainnya. Pendek kata, sumber dari beraneka bidang disiplin ilmu telah tersedia di sana. Luar biasa!

Semua masyarakat Indonesia harus tahu tentang hal ini. Setiap orang dapat memanfaatkan sumber bacaan yang berlimpah ruah ini. Hai kalian mahasiswa/i, Anda tidak boleh ketinggalan ya! Semua orang ber-KTP Indonesia bisa mendaftar diri menjadi anggota.

Perdaftaran perpusnas elektronik mudah sekali. Tinggal memasukkan nomor NIK lalu Anda akan mendapatkan nomor keanggotaan perpusnas. Nomor dan password inilah yang akan digunakan untuk login setiap kali Anda hendak membaca bahan-bahan elektronik.

Anda bisa mengaksesnya melalui komputer. Anda pun dapat mengaksesnya lewat telepon selular atau tablet. Yang penting, Anda terhubung ke internet. Semoga Anda sudah pernah menjelajah situs perpusnas! Jikalau belum pernah, cobalah segera akses hari ini juga!

2 tanggapan untuk “Sumber Berlimpah Ruah”

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: