Kategori
Lingkungan hidup

Mulai dari Rumah Anda


oleh Hali

Pemerintah telah memulai penggunaan tenaga surya. Lampu penerangan di jalan tol menjadi salah satu perwujudannya. Begitu pula sebagian lampu penerangan di jalan-jalan umum. Pemakaian energi matahari meluas ke pelosok-pelosok. Daerah pendalaman yang sulit dijangkau oleh PLN memakai tenaga matahari. Lalu daerah perbatasan dengan negara lain.

Sebagai rakyat jelata, apa yang dapat kita perbuat? Kontribusi apa yang bisa Anda berikan? Ini pertanyaan yang perlu kita jawab sendiri.

Pemerintah telah memberikan dorongan kepada rakyat. Peraturan telah disusun. Rakyat didorong untuk berpartisipasti menggalakkan pemakaian tenaga surya. Setiap orang dapat mulai dari rumahnya sendiri.

Masing-masing kita dapat memulainya. Cobalah dengan lampu taman di rumah Anda! Instalasi sederhana dan biaya rendah. Anda bisa juga mencoba dengan charger hp atau gadget. Dengan tenaga matahari. Tinggal membeli alat kecil sebesar power bank. Jemur pada tempat ada cahaya matahari, lalu sambungkan ke gadget Anda! Tahun 2014 saya pernah membeli alat tersebut. Seorang mahasiswa yang ikut kelas saya juga pernah memiliki alat tersebut. Mestinya sekarang sudah tahun 2021, alat tersebut akan semakin murah. Anda telah memanfaatkan tenaga surya.

Terdapat juga instalasi yang lebih ruwet sedikit. Ini memerlukan modal agak besar. Pada atas rumah Anda dipasangi panel surya. Siang hari menyerap energi matahari. Tenaga tenaga disimpan ke dalam baterai. Malam hari energi itu dapat dipergunakan untuk penerangan rumah.

Tak berhenti sampai di situ, bisa jadi ada energi yang berlebih. Energi yang berlebih dapat dijual kepada PLN. Harganya sama dengan harga Anda memakai listrik PLN. Ini kebijakan terbaru yang telah diluncurkan pemerintah Indonesia.

Bagaimana dengan Anda? Anda siap untuk mulai memanfaatkan tenaga surya? Anda berkenan untuk menggunakan energi ramah lingkungan? Anda sendirilah yang harus menjawabnya dan memutuskannya.

One reply on “Mulai dari Rumah Anda”

Tinggalkan Balasan