Tidak Pernah Sakit Influenza


oleh Hali

Kampus kami mengatur waktu snack di tengah pergantian mata kuliah. Sebentar saja, hanya lima belas menit. Minggu lalu, dalam kesempatan ini, seorang ibu menyampaikan penuturan berikut. Pandemi Corona sudah berlangsung setahun setengah. Selama rentang ini beliau tidak pernah sakit flu atau influenza. Dia bersyukur dengan pengalamannya tersebut.

Penuturan beliau amat menarik. Kenyataan memang benar seperti itu adanya. Saya yakin Anda pun demikian juga. Selama Pandemi Covid-19 Anda tidak pernah sakit flu. Bersyukurlah! Semoga Anda sehat walafiat! Berbahagialah!

Mengapa bisa begitu? Selama wabah Corona ini, kita semua dianjurkan bahkan diharuskan untuk memakai masker. Begitu keluar rumah orang-orang memakai masker. Masa satu tahun setengah ini setiap kita sudah terlatih untuk memakai masker.

Sebelum Pandemi, mayoritas di antara kita tidak memakai masker. Paling-paling yang menggunakan masker hanya buruh pabrik, petugas kebersihan di jalan, para dokter dan suster di rumah sakit. Masyarakat umum tak peduli dengan apa yang namanya masker. Melalui pengalaman pandemi, kita belajar bersama untuk memakai masker. Kita menjadi sadar akan pentingnya masker.

Sesungguhnya, siapakah yang harus memakai masker? Mestinya hanya sedikit orang saja yang harus menggunakan masker. Masker hendaklah dipakai oleh mereka yang sedang sakit. Pasien dengan sakit tertentu hendaknya memakai masker agar tidak menularkan penyakitnya kepada orang-orang di sekitar. Penderita penyakit menular lewat pernafasan terlebih penting untuk menggunakan masker.

Akan tetapi, pada kenyataannya tidaklah demikian. Banyak di antara orang-orang sakit di sekeliling kita enggan bermasker. Akibatnya, orang-orang yang sehat dan tak mau tertularlah yang mengalah.

Sebenarnya, orang-orang yang sedang sakit harus terus diingatkan untuk bermasker. Dengan begitu, mereka tak akan menularkan penyakitnya pada orang sehat. Pada kenyataannya, kondisi ideal itu sulit tercapai. Terpaksa deh orang-orang sehat mengalah.

Dengan cara inilah kita semua berlatih. Kita sudah mulai terbiasa memakai masker. Masker menghindarkan kita dari penyakit menular melalui udara. Luar biasa! Itu sebabnya tidak heran, selama Pandemi Corona, jarang sekali orang terserang influensa. Kebanyakan kita telah melindungi diri dengan masker. Masker memang luar biasa!

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat.

3 tanggapan untuk “Tidak Pernah Sakit Influenza”

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: