Bahasa Konghu/Kanton


oleh Hali

Selain Hokkian, Tiociu, Hakka, masih ada banyak  dialek lain lagi. Salah satu yang eksis di Indonesia adalah dialek Konghu. Dibandingkan orang-orang yang berkomunikasi dengan tiga dialek tersebut di atas, penutur bahasa Konghu relatif sedikit di Nusantara.

            Bahasa Konghu dipercakapkan oleh sebagian orang Tionghoa di Makasar dan Tarakan. Di luar kedua kota ini, tentu di propinsi dan kota lain masih digunakan. Hanya, jumlah penuturnya tidak banyak.

            Berbicara tentang Mainland, di sana juga digunakan. Sebagian besar penduduk propinsi Guangdong bagian barat dan Guangxi bagian timur berbicara dalam dialek Konghu. Di sana lazim disebut sebagai dialek atau bahasa Yue/Yueh atau Yueyi (粤语). Sebutan lain lagi diberikan kepadanya: dialek Kanton.

            Sebagian orang masih asing dengan dialek Konghu. Untuk membuka wawasan tentang bahasa Konghu, perhatikan saja Hongkong! Di kota Hongkong, masyarakat berbicara dalam dialek Konghu. Tentu Mandarin masih dipergunakan di sana. Akan tetapi, masyarakat setempat sudah terbiasa dengan dialek Konghu.

            Terdapat banyak sekali dialek di Daratan China. Di antara semua dialek yang masih eksis, Konghu merupakan dialek yang paling popular. Mengapa bisa sampai begitu? Salah satu faktor penentu terletak pada peran kota Hongkong. Hongkong memproduksi tidak sedikit film dan film serial. Film-film yang diproduksi di sana umum menggunakan dialek Konghu, bukan Mandarin. Lewat film dan film serial produksi Hongkonglah, dialek Konghu tersebat ke mana-mana, baik seluruh Daratan China maupun sampai ke mancanegara.

            Di samping film dan serial, tentu masih ditunjang dengan faktor lain. Hongkong merupakan pusat perdagangan yang amat penting. Di sana terjadi pertemuan Barat dengan China selain Barat dengan dunia Timur, khususnya Asia Tenggara. Harus diakui bahwa letak signifikansi Hongkong dalam perdagangan melebihi Singapore.

            Beruntunglah Bapak Ibu Saudara-Saudari yang dapat berkomunikasi dalam Konghu. Anda tak akan kesulitan sedikit pun apabila berkunjung ke Hongkong. Andaipun Saudara tak dapat berbicara dalam Mandarin, Andalkan saja dialek Hongkong. Dijamin Saudara akan eksis berdomisili di sana!

            Anda tertarik dengan dialek Konghu? Silahkan pelajari! Di Daratan China tersedia tidak sedikit lembaga kursus untuk belajar bahasa Konghu. Luar biasa sekali dialek yang satu ini bukan!

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat.

2 tanggapan untuk “Bahasa Konghu/Kanton”

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: