Learning Chinese

Belajar Mandarin 2/5

oleh Hali

Mahasiswa asing yang belajar Mandarin ke Tiongkok akan menjalani ujian terlebih dahulu. Ujian itu dinamakan placement test. Entahkah kemampuan bahasanya nol sama sekali sampai yang sedang-sedang bahkan cukup mahir tetap akan menjalani placement test.

Ujian berupa tertulis dan lisan. Waktunya berlangsung setengah sampai satu jam saja. Hasil placement test tidak kita ketahui.

Hasil placement test hanya menjadi milik kampus. Placement test dipakai untuk mengetahui level bahasa Mandarin siswa mancanegera. Begitu selesai placement test, Anda akan langsung diberitahu level kelas.

Pada umumnya, kelas Mandarin bagi mahasiswa asing terbagi menjadi enam level atau enam kelas. Masing-masing level dapat ditempuh dalam lima bulan (satu semester). Jikalau belajar dari nol dan hendak mencapai level mahir, Anda dapat menempuh pembelajaran bahasa Mandarin selama tiga tahun (enam semester).

Hal itu bukanlah harga mati. Bila Anda hanya mau belajar dua semester saja, silahkan! Misalnya, belajar dari nol dan berencana setahun saja di China, berarti Anda akan memasuki level 1 dan level 2. Bila level Mandarin Anda sedang-sedang, misalnya hasil placement test berada di level 3, dan Anda hendak belajar setengah tahun saja, silahkan saja! Bila placement test menetapkan Anda berada di level 5, Anda hanya punya waktu satu tahun, berarti Anda bisa belajar di level 5 dan level 6.

Masih tentang placement test, kita perlu cermat. Anda masih bisa tawar-menawar dengan penguji atau pihak kampus. Sedikit saran dari penulis, sebaiknya Anda berada pada kelas atau level yang tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah bagi Anda. Tentang hal ini, Anda harus jujur pada diri sendiri. Selain hasil dari placement test, Anda masih bisa meminta saran dari teman-teman.

Bapak Ibu Saudara-Saudariku sekalian, begitulah gambaran belajar Mandarin. Apabila hendak belajar Mandarin ke Tiongkok, Anda perlu mengetahui kondisi tersebut. Ini akan menolong Anda membuat rencana. Jika anak dan keluarga Saudara hendak belajar bahasa Mandarin, biarlah Anda menyampaikan gambaran pembagian level atau kelas tersebut.

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat.

2 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s