WA Anda KO?

oleh Hali

Media sosial telah menjadi kebutuhan umum masyarakat dunia. Pada masa Pandemi Corona, manfaat dari medsos lebih terasa. Dunia Barat memiliki medsos kegemarannya sendiri. Masyarakat Indonesia memiliki medsos primadonanya sendiri pula.

Masyarakat kita lebih menyukai Whatsapp (WA). Di luar WA masih terdapat banyak medsos lainnya yang juga dipakai oleh sebagian orang. Entah alasan apa WA yang menjadi primadona di Nusantara. Bagaimana dengan Anda?

Tak sedikit orang di Indonesia menggunakan WA. WA dapat dipakai untuk saling kontak pribadi. Umum disebut sebagai japri, jalur pribadi. Sebenarnya WA japri sudah jauh-jauh hari digunakan banyak orang. WA japri merupakan pengembangan dari model SMS. Hingga kini SMS masih kita pakai.

hal apa yang membuat WA menarik bagi banyak orang? Bersosial media di dalam grup itulah yang merupakan fasilitas eksra dari WA. Hal ini tidak mampu dikerjakan lewat SMS. Sebenarnya medsos lain pun menyediakan fasilitas komunikasi di dalam grup.

Ada orang yang mengikuti beberapa grup WA. Ada orang yang mengikuti hingga puluhan grup WA. Kondisi seperti ini yang paling sering mengakibatkan telepon seluler Anda penuh. Terkadang ada yang menyebutnya sebagai WA-nya penuh. Jika sampai kepenuhan, hp akan melambat. Terkadang WA Anda sampai tak bisa dibuka atau dibaca. Berabe deh!

Bagaimana menyiasati pemakaian WA agar tidak penuh atau supaya hp tidak sampai penuh? Hp masing-masing orang memiliki kapasitas penyimpanan data yang berbeda. Kapasitas 16 GB agak umum sekarang ini walaupun yang >16 ataupun <16 juga tersedia di pasaran. Setiap kita perlu menyadari hal ini. Bagi yang penyimpanan datanya kecil, hendaklah sering-sering membersihkan WA dan HP.

Selain itu, jangan lupa mencermati WA Anda masing-masing. Beberapa media acapkali mengakibatkan WA penuh atau hp penuh. Perhatikan kiriman WA yang berupa video, audio, foto dan file. Umumnya, pengiriman teks atau tulisan pesan dalam WA hanya memerlukan sedikit kapasitas penyimpanan.

Tentang video, audio, foto dan file, marilah kita menyiasatinya! Caranya sederhana bila Anda telah memahaminya. Ikutilah langkah-langkah berikut ini. Buka WA Anda! Di bagian kanan atas terdapat tiga titik. Klik bagian tiga titik tersebut! Akan ada menu yang dinamakan setelan. Klik bagian setelan, lalu pilihlah menu penyimpanan dan data! Di dalam bagian penyimpanan dan data terdapat unduh otomatis menu. Pada bagian inilah  Anda perlu sekali mengaturnya.

Marilah kita mengaturnya lebih lanjut! Pada bagian saat menggunakan data seluler diklik, lalu ada 4 bagian terconteng yang sebaiknya dihapus saja contengannya: foto, audio, video, dokumen. Selanjutnya, pada bagian saat terhubung ke Wi-Fi, kliklah lalu lihat isinya!  Di sini pun terdapat 4 bagian: foto, audio, video, dokumen. Hilangkanlah semua contengannya!

Melalui cara sederhana ini, diharapkan WA dan hp Anda tidak akan cepat penuh lagi. Silahkan mencobanya! Semoga WA dan hp tidak lekas penuh lagi!

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat.

One comment

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s