Kategori
Kesehatan

Nyamuk Bagi Manusia


Oleh Hali

Nyamuk menyebabkan aneka penyakit. Nyamuk mengakibatkan gatal-gatal. Nyamuk amat menyebalkan. Betul, betul, betul! Semua itu memang betul adanya!

Akan tetapi nyamuk juga memiliki manfaat. Sang Pencipta tidak pernah menciptakan tumbuhan dan hewan yang tak bermanfaat bagi manusia. Lantas apakah manfaat nyamuk bagi manusia?

Nyamuk tidak pernah mengigit manusia. Nyamuk tidak punya gigi. Yang benar adalah nyamuk menusuk manusia. Selain itu, nyamuk juga menusuk kuda dan sapi. Kalau Anda memelihara sapi dan kuda, Anda pun perlu melindungi kuda dan sapi Anda, bukan diri Anda sendiri. Jadi bukan hanya manusia yang menjadi sasaran “penusukan” oleh nyamuk.

Nyamuk tidak sembarang menusuk manusia. Tatkala menusuk kulit kita, nyamuk sedang mencari darah. Nyamuk memerlukan darah untuk mendapatkan protein guna keperluan proses perkembangbiakkannya.

Penelitian tentang nyamuk memberikan kita petunjuk yang berharga. Nyamuk tidak sembarangan menyedot darah. Nyamuk bukanlah drakula atau vampire! Nyamuk lebih banyak memilih darah yang berbau asam dan berbau kolesterol.

Apabila kolesterol Anda berlebih-lebihan maka beruntunglah Anda bila masih bisa ditusuk oleh nyamuk. Kolesterol Anda akan menurun setelah darah Anda disedot oleh nyamuk. Mestinya Anda boleh berterima kasih kepada nyamuk.

Lantas apakah manfaat nyamuk bagi umat manusia? Penyedotan darah Anda oleh nyamuk akan menurunkan kadar kekentalan darah Anda. Kekentalan darah yang turun ke tingkat normal memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak sedikit penyakit yang dapat dicegah melalui penurunan kekentalan darah.

Tidak sedikit orang yang secara rutin minum obat pengencer darah. Obat pengencer darah laris manis di pasaran. Apabila Anda ditusuk oleh nyamuk, berarti darah Anda akan sedikit mengencer. Makin banyak dan semakin sering darah Anda disedot oleh nyamuk, derajat pengentalan darah Anda akan semakin menurun.

Bapak Ibu Saudara-Saudari sekalian, jelaslah bahwa nyamuk memberi manfaat bagi manusia. Berbahagialah Anda kalau masih ditusuk oleh nyamuk! Anda memberikan sedikit “donor darah” bagi nyamuk. Darah Anda makin berkurang. Kadar kekentalan darah Anda juga akan menurun.

2 replies on “Nyamuk Bagi Manusia”

Tinggalkan Balasan