Tiongkok Punya Yerusalem Sendiri


Kota Yerusalem terletak di Timur Tengah. Kini merupakan wilayah milik negara Israel. Yerusalem bukan hanya penting bagi Israel, juga bagi Palestina. Agama Yudaisme, Kristen dan Islam memandang Yerusalem sebagai kota penting dan suci.

Di Daratan Tiongkok juga ada Yerusalem. Anda jangan kaget dulu ya! Paling sedikit itulah sebutan dari orang-orang Tiongkok sendiri. Apakah Yerusalem yang mereka maksud?

Ada sebuah kota yang bernama Wenzhou. Ia terletak sekitar di bagian tenggara China. Wenzhou merupakan salah satu kota dari propinsi Zhejiang. Ibukota propinsi ini adalah Hangzhou, bukan Wenzhou. Lantas apa signifikansinya sebuah kota Wenzhou? Marilah kita lihat bersama-sama!

Wenzhou memiliki sejarah dari 2500 SM. Dahulunya kota ini bernama Yongjia. Produk tembikar dari sini amat terkenal.

Sebagian besar wilayah Wenzhou merupakan daratan tinggi. Ia diliputi gunung dan bukit. Lebih dari 70% wilayah Wenzhou merupakan pegunungan dan perbukitan. Meskipun demikian, ia memiliki pelabuhan karena langsung menghadap ke Laut China Timur. Tidak sedikit pulau masuk dalam wilayah Wenzhou.

Penduduk setempat tergolong perintis awal dari industri rumah tangga di Daratan China. Lambat laun berkembanglah industri-industri besar. Kini Wenzhou terlihat amat berorientasi ekonomi pasar. Meskipun RRC menganut sistem sosialisme, kota Wenzhou memperlihatkan wajah kapitalisme yang kental.

Di Wenzhou bertebaran gedung gereja. Memang tidak sedikit orang-orang yang memeluk agama Kristen di sana. Tidak heran, rumah ibadah banyak dibangun guna memenuhi kebutuhan tempat ibadah umat. Tidak sedikit gedung gereja yang indah dan megah di kota ini. Populasi penduduk beragama Kristen di sana 11%. Angka ini tergolong tinggi dibandingkan dengan kota lain mana pun di seluruh Daratan Tiongkok. Hingga kini, Wenzhou tetap menjadi salah satu pusat kekristenan terpenting di Tiongkok.

Berhubung faktor-faktor tersebut di atas, tak heran Tiongkok juga mempunyai kotaYerusalem. Orang-orang di Daratan China menjuluki kota Wenzhou sebagai Yerusalemnya China (中国的耶路撒冷,Zhongguo de Yelusaleng, Yerusalem from China). Itulah nama lain yang dilekatkan bagi Wenzhou.

Mungkin ada sebagian orang dari Indonesia sudah pernah berkunjung ke Wenzhou. Ia merupakan salah satu kota yang layak menjadi tujuan wisata. Bapak Ibu Saudara-Saudariku, silahkan Anda membuktikannya sendiri. Apabila Anda memiliki kesempatan berkunjung ke Daratan China, Wenzhou janganlah dilewatkan! Kami memiliki beberapa orang teman di kota itu. Kami berharap suatu hari kelak bisa melihat langsung kota Wenzhou! Bagaimana dengan Anda?

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog).

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat.

2 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s