Yerusalem Kedua


Kota Yerusalem terletak di Timur Tengah. Ia menjadi kota suci bagi tiga agama: Yudaisme, Kristen dan Islam.

Di sinilah letak kepentingan dari Yerusalem.

Kelak kemudian hari ada pula yang disebut sebagai Yerusalem Baru. Dikatakan bahwa kota itu akan turun dari surga. Luar biasa sekali bukan!

Selain itu, ada pula yang dinamakan Yerusalem kedua. Nah, apa pula ini? Kota apakah itu? Di manakah letaknya? Mengapa bisa menjadi demikian? Marilah kita mengikuti uraian-uraian berikut ini.

Di negara Etiophiia, ada sebuah daerah bernama Amhara. Di sana terdapat sebuah kota bernama Lalibera. Nama kuno kota itu adalah Roha. Untuk menandainya, sebaiknya kita sebut Ahamra Lalibera.

Lalibera berasal dari nama seorang pemimpin. Seorang Santo bernama Gebre Mesker Lalibera pernah memerintah di Etiophia pada abad ke-12 sampai ke-13. Belakangan hari orang-orang mengganti nama Roha menjadi Lalibera sebagai bentuk penghormatan kepada pemimpin itu yang dipandang sebagai orang suci.

Penduduk kota kecil ini tidak terlalu banyak. Populasi penduduk hanya berkisar 17.000 ribu jiwa lebih. Meskipun demikian, kota ini menjadi situs Warisan Dunia dalam daftar UNESCO.

Kota Lalibera memiliki 11 gereja monolitik. Batu-batu padas dipahat dan diukir serta disusun untuk membentuk bangunan rumah ibadah. Sebagian mengalami kerusakan dan telah mulai diperbaiki. Gereja-gereja itu berasal dari abad XI dan XII Masehi.

Kesebelas gereja tersebut terdiri dari Gereja Rumah Juruselamat Dunia, Gereja Rumah Maryam, Gereja Rumah Golgota Mikhael, Gereja Rumah Salib, Gereja Rumah Para Perawan, Gereja Rumah Santo Georgius, Gereja Rumah Immanuel, Gereja Rumah Santo Markus, Gereja Rumah Abba Libanos, Gereja Rumah Gabriel-Rapael dan Gereja Rumah Betlehem.

Hampir seluruh penduduk kota itu memeluk agama Kristen. Kekristenan mereka adalah Kristen Ortodok Etiophia. Ini termasuk Kristen pula, selain tentunya Khatolik dan Protestan. Ia memiliki banyak kemiripan dengan Kristen Koptik di Mesir.

Bapak Ibu Saudara-Saudariku, ini adalah objek wisata yang bersejarah dan bernilai tinggi. Anda dapat menjadikannya sebagai pilihan untuk berkunjung. Selain Yerusalem di Timur Tengah, Ahamra Lalibera telah menjadi Yerusalem kedua. Tak sedikit orang berkunjung ke sana. Orang-orang Kristen di Etiophia telah memandangnya sebagai kota suci untuk berziarah. Anda siap berziarah ke sana?

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog).

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat.

2 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s