Dilematis PPKM Darurat


PPKM Darurat akan berakhir pada 20 Juli. Masyarakat menanti dengan penuh harap cemas. Hasilnya telah kita tahu bersama. PPKM Darurat diperpanjang hingga 25 Juli.
Bagaimana selanjutnya? Setelah tanggal 25 Juli mau apa? Sekarang ini saja sudah sulit.

Selama penerapan dari tanggal 3 sampai 20 Juli telah menimbulkan pro dan kontra. Ada yang setuju. Ada yang tidak setuju. Persoalan ini memang dilematis!

Mobilitas di pulau Jawa dan Bali dibatasi. Kota dan kabupaten zona hitam danm perlu menegakkannya. Angka penularan harian terus dipantau perkembangannya. Di luar Bali dan Jawa akan dipantau terus angka penularan hariannya.

Dua sisi mata uang tetap menjadi pertimbangan pemerintah. Kesehatan rakyat menjadi utama. Ekonomi masyarakat tak boleh dikorbankan. Kesehatan dan ekonomi harus tetap mendapatkan perhatian serius baik dari pemerintah maupun dari kita bersama.

Pemerintah pusat berupaya yang terbaik bagi rakyat. Kebijakan lockdown merupakan opsi yang tidak populer. Itu sebabnya dari PSBB diubah menjadi PPKM. Dalam kondisi PPKM yang sulit dikembangkan PPKM Darurat. Sekarang beralih ke PPKM level 4. Semua ini merupakan upaya-upaya yang berhati-hati di tengah kondisi dilematis.

Keluarlah dua kata kunci. Tegas dan humanis! Artinya, PPKM Darurat harus ditegakkan dengan ketat. PPKM Darurat sekaligus harus tetap manusiawi. Di satu pihak membatasi pergerakan antarkota dan kabupaten dari dan ke daerah zona hitam dan merah. Di lain pihak, sektor esensial dan kondisi kritikal tetap diperhatikan.

Bapak Ibu Saudara-Saudari sekalian, tujuan paling mendasar tak boleh kita lupakan. Apakah itu? Menjaga diri Anda sendiri agar tak tertular Corona. Menjaga orang-orang sekitar Anda agar tak tertular Covid-19. Kita semua harus ingat selalu hal ini!

Semoga PPKM Darurat segera berakhir! Kiranya angka penularan harian lekas turun! Berharap orang-orang di sekitar kita dan masyarakat luas sehat walafiat! Kesuksesan PPKM Darurat akan cepat membuahkan hasil yang maksimal!

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat.

2 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s