Remedial dan Her bagian 3


Sebagian kecil kampus dan dosen berkenan melakukan her dan remedial. Untuk itu, perlu kita menentukan aturan mainnya. Marilah kita mempertimbangkan faktor-faktor betikut ini! Beberapa syarat di bawah menjadi faktor yang penting untuk diperhatikan.

Pertama, faktor waktu untuk mempersiapkan diri. Mahasiswa perlu belajar ulang materi kuliah. Dia diberi waktu yang cukup. Mungkin dia belajar dari teman, belajar sendiri atau pun dari guru/dosennya. Setelah cukup menguasai, barulah remedial dan her diselenggarakan.

Kedua, faktor nilai minimal. Sebagian kampus menetapkan nilai minimal C bagi setiap mata kuliah. Hanya yang mendapatkan C- boleh her atau remedial. Artinya, hanya satu level di bawah nilai kelulusan yang diberi kesempatan. Nilai D+, D dan yang lebih rendah lainnya, tak diberi kesempatan.

Ketiga, faktor lulus atau tak lulus..Jangan pernah berpikir her atau remedial pasti lulus! Remedial dan her membuka peluang lulus sekaligus tidak lulus. Hal ini tergantung pada pencapaian nilai si mahasiswa yang besangkutan dalam kesempatan her atau remedialnya.

Keempat, faktor pencapaian. Jikalau si mahasiswa berhasil dalam her atau remedial, nilai yang diberikan padanya cukup C saja. Dia tidak diberikan nilai B ataupun A. Ini demi keadilan bagi mahasiswa lainnya. Kelemahan di sini terletak pada mereka yang sudah mencapai nilai C, tetaplah C.

Kelima, faktor memungut biaya. Bagi mahasiswa yang hendak mengajukan her atau remedial perlu dipungut biaya. Si mahasiswa harus membayar harga untuk mengikuti her atau remedial. Bisa saja dipungut setengah dari harga kuliah ulang dari mata kuliah tersebut. Hal ini penting agar remedial dan her tidak menjadi kegiatan murahan.

Keenam, faktor tugas atau soal ujian. Tugas atau soal ujian bagi her dan remedial mestilah lebih berat dari yang biasa. Minimal, tingkat kesulitannya sama. Tak boleh tingkat kesulitannya lebih rendah. Soal atau tugas yang diberikan hendaklah berbeda dari yang sebelumnya.

Bapak Ibu Saudara-Saudari sekalian, kiranya faktor-faktor di atas menjadi perhatian bagi kita bersama! Apabila Anda sungguh mau mengadakan her dan remedial, pertimbangkanlah baik-baik! Bersikaplah adil bagi mahasiswa yang telah lulus maupun yang belum lulus. Semoga remedial atau her yang diadakan tak menjadi rendahan atau murahan, melainkan tetap berstandar pendidikan!

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat.

One comment

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s