Coba Aneka Jeruk


Ada banyak jenis jeruk di dunia ini. Indonesia memiliki jeruk sendiri dan negara lain juga memiliki jeruk sendiri. Jeruk di Indonesia tergolong bervariasi. Mari kita mengamati aneka ragam jeruk di dunia ini!

Mungkin yang paling indah warnanya adalah jeruk Sunkist. Warnanya orange, indah sekali! Biasanya dipotong dengan pisau barulah dimakan. Sebenarnya jeruk Sunkist juga bisa dikupas namun agak sulit dan lama sedikit.

Jeruk yang besar adalah jeruk Bali. Ada yang dagingnya putih dan ada yang merah. Rasanya manis-manis pahit. Itu memang ciri khas jeruk Bali. Kulitnya sering dibuat mainan baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Bisa dibuat aneka kerajinan tangan.

Jeruk kupas terkenal ada dua macam. Ada jeruk kupas Pontianak dan jeruk kupas Medan. Sama-sama enak dan manis walaupun tetap ada perbedaan di antara keduanya. Jeruk kupas dari Tiongkok juga ada yang manis. Warnanya lagi-lagi orange namun kecil-kecil. Biasanya musimnya jatuh menjelang perayaan Imlek.

Ada lagi jeruk peras. Ini jenis jeruk berasa asam. Berhubung rasanya asam maka jeruk ini diperas lalu diberi gula atau perasa lainnya. Tak tahan deh bila dimakan langsung. Asam sekali!

Jeruk yang asam lainnya adalah jeruk lemon. Akhir-akhir ini lemon menjadi trendy karena dipandang memiliki banyak khasiat obat buat kesehatan. Buahnya rada besar, kuning dan kadar air tinggi. Ada orang merendamnya di dalam segelas atau sebotol air lalu airnya diminum. Ada pula yang dicampur dengan teh dan madu lalu diminum. Segar sekali bila diminum dingin!

Jeruk asam paling berkhasiat adalah jeruk nipis. Jeruk ini kecil dan asam. Sering dipakai untuk campuran makanan. Misalnya dicampur ke dalam sop, soto, pecel dan lain-lain. Seringpula dicampur ke dalam adonan sambal akan menambah enak rasa sambal. Tampaknya jeruk nipis inilah yang paling berkhasiat bagi kesehatan dibandingkan jeruk-jeruk lainnya.

Tak boleh dilupakan adalah baby java. Namanya lainnya jeruk baby. Walalupun bernama baby java, jeruk ini tidak tergolong kecil. Ini jeruk yang berukuran sedang di antara aneka ragam jeruk lainnya. Jeruk baby berasa manis, enak dan lezat.

Bapak Ibu dan Saudara-Saudari sekalian, marilah mencoba jeruk-jeruk tersebut! Nikmati kelezatan, enak dan ciri khasnya masing-masing. Kalau susah dan mahal, carilah yang mudah didapat dan murah harganya. Tidak berarti yang harganya mahal akan lebih berkhasiat daripada yang harganya murah. Harap Anda jangan terkecoh dengan harga!

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat.

4 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s