MANDI Apa Mandi?


Setiap hari kita akan selalu mandi. Bukan hanya sekali, umumnya kita mandi dua kali sehari. Pagi hari kita mandi. Sore atau malam kita mandi lagi. ini sudah menjadi SOP bagi seluruh rakyat Indonesia. Bagi orang Indonesia yang mandi hanya sekali sehari acapkali dianggap melanggar SOP. He he he!

Tidak demikian halnya dengan mereka yang tinggal di daerah empat musim. Pada musim panas, mereka mandi satu kali. Biasanya mandi bukan di pagi hari melainkan sore atau malam hari. Lantas tatkala musim gugur, dingin dan semi, mereka jarang sekali mandi. Bisa beberapa hari baru mandi satu kali. Memang suhu sedang turun atau rendah. Manakala musim dingin, bila kita sering mandi, kulit mudah sekali menjadi kering. Kondisi ini kurang baik bagi kesehatan kulit. Tak jarang tangan atau bbir orang luka pada musim dingin kareng telralu kering. Itulah sebabnya di sana dijual semacam krim untuk bibir dan kulit yang sering.

Apakah yang sedang kita lakukan dengan mandi? Mari kita mencoba memikirkannya sendiri. Umumnya pada pagi hari, kita mandi hanya sekedar siram-siram. Tak ada yang terlalu istimewa dengan mandi di pagi hari. Berhubung cuma siram-siram, kita beri saja nama mandi kecil.

Apa sih yang Anda lakukan dengan mandi pagi hari? Yang terutama adalah mencuci muka. Berhubung baru saja bangun dari tidur maka kita mencuci muka agar segar dan terang pandangan mata kita. Setelah seharian bekerja, sekolah dan beraktifitas, sore atau malamnya kita akan mandi lagi. Mandi sore atau malam inilah yang betul-betul mandi. Kita bisa menamakannya sebagai mandi besar atau MANDI. Mandi sore atau malam inilah yang bisa dikatakan sebagai mandi dalam arti yang sebenarnya.

Pada masa Pandemi Corona ini, sebagian orang mungkin mandi lebih dari dua kali. Selain mandi yang sudah sesuai SOP, yakni pagi dan sore, mungkin Anda menambah lagi dengan mandi setelah keluar dari rumah. Saya pernah mandi sehari empat kali dalam masa Pandemi ini. Luar biasa deh rasanya! Ini juga mandi yang benar. Kita mandi untuk membersihkan tubuh dari kemungkinan kuman dan virus yang melekat ke badan dan pakaian. Ini juga yang sudah biasa kita lakukan pada sore atau malam.

Lantas bagaimanakah dengan mandi pagi hari? Sebenarnya ini mandi yang penting dan tak penting. Bisa pula dikatakan mandi yang perlu dan tak perlu. Walaupun saya mandi sedikitnya dua kali dalam sehari, secara pribadi, saya tak pernah mempermasalah mereka yang tidak mandi pada pagi hari. Mengapa begitu? Karena pagi hari itu bukanlah mandi, hanya siram-siram doang. Utamanya adalah mencuci muka. Mencuci muka bisa dilakukan tanpa harus mandi. Mereka yang tidak mandi pagi pun pasti akan tetap mencuci muka. Bukankah begitu kenyataannya?

Bapak Ibu Saudara-Saudari sekalian, marilah kita menguji ulang konsep ita tentang mandi! Mandi sore atau malam itulah yang benar-benar mandi atau MANDI. Mandi pagi bukanlah mandi, hanya sekedar siram-siram. Janganlah memandang bersalah mereka yang tidak mandi pada pagi hari. Anda sedang mandi atau MANDI? Semoga wawasan kita mengenai mandi akan semakin terbuka mulai hari ini!

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat.

2 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s