Persiapkan Imunitas Bawaan

Semasa Pandemi Corona masyarakat luas mulai mengenal istilah herd immnunity. Frase itu berarti kekebalan kawanan atau kekebalan kelompok.

Tak sedikit orang dipaksa oleh ancaman dari pandemi sehingga mau tak mau mulai mengenal dan mempelajari herd immunity. Dalam dunia kedokteran herd immunity sudah merupakan konsep umum yang patut dikenal oleh setiap siswa jurusan kedokteran.

Selain herd immunity, ada pula yang dinamakan innate immunity. Frase ini berarti imunitas bawaan. Sebenarnya imuntas bawaan lebih vital. Imunitas bawaan jauh lebih penting bagi setiap orang.

Di dalam diri manusia, terdapat sejumlah komponen besar dari sistem imunitas bawaan kita. Yang paling sederhana mungkin adalah kulit. Jangan anggap enteng kulit! Kulit mencegah masuknya bakteri atau virus ke dalam tubuh.

Selain itu, ada pula yang akhir-akhir ini baru kita kenal. Salah satu komponen imunitas bawaaan yaitu sel dendritik. Kita mengenal dendritic cell melalui dokter Terawan. Masyarakat mulai mengetahui pentingnya dendritic cell lewat Vaksin Nusantara.

Rupa-rupanya dendritic cell amat dahsyat untuk melawan sakit penyakit. Vaksin Nusantara bekerja lewat dendritic cell dari manusia itu sendiri. Berhubung merupakan milik manusia itu sendiri maka vaksin atau pun program pengobatan melalui dendritic cell relatif jauh lebih aman bagi orang yang bersangkutan.

Setiap manusia memiliki imunitas bawaannya sendiri. Ada orang yang imunitas bawaannya lebih tinggi daripada orang lain. Hal ini amat bergantung pada tubuh kita masing-masing.

Kita harus menjaga imunitas bawaan kita masing-masing. Makanan yang cukup vitamin dan mineral penting sekali untuk menjaga stabilitas imun bawaan. Faktor-faktor seperti olah raga, istirahat, sinar matahari, stress juga mempengaruhi imunitas bawaan kita. Ayo, mari kita peduli dengan imunitas bawaan kita sendiri!

Mari Saudara-Saudariku sekalian, kita mesti menjaga imunitas bawaan kita masing-masing! Pemerintah sedang menggalakkan imunitas kawanan. Selain orang-orang berperan menyukseskan program herd immunity, imunitas bawaan masing-masing harus tetap dijaga dan dipertahankan. Tak lupa, protokol kesehatan masih tetap harus kita tegakkan bersama.

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

3 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s