Kategori
Lingkungan hidup

Optimalkan Rumahmu!


Oleh Hali

Rumah semakin hari semakin kecil. Ukuran rumah makin hari makin sempit. Entah itu aparteman atau pun rumah biasa di daerah urban tetap kecil dan sempit. Inilah kenyataan hidup pada masyarakat perkotaan.

Lama-kelamaan akan seperti Singapore. Mungkin akan laksana Hongkong pula. Rumah di Hongkong jauh lebih sempit daripada rumah di Singapore. Rumah yang kecil dan kamar yang sempit!

Kita harus menyiasati kenyataan ini. Paling tidak ada dua hal yang bisa kita lakukan. Marilah kita perhatikan kedua hal tersebut!

Pertama, Kurangi barang-barang! Anda harus mensortir barang-barang milik Anda. Yang mau dijual, juallah! Yang hendak diberikan pada teman, berikanlah! Yang hendak dibuang, buanglah! Miliki barang-barang hanya yang penting saja! Memiliki barang sesedikit mungkin akan lebih baik. Ini berarti Anda harus rajin memilah barang! Anda mesti pertimbangkan dengan matang sebelum membeli barang!

Kedua, Perhatikan letak dan penyimpanan! Anda harus pandai menyusun barang-barang di dalam rumah Anda. Pintu-pintu rumah sebaiknya menggunakan sistem     . Sistem pintu ini akan memperluas rumah Anda! Milikilah lemari besi bertingkat yang memiliki banyak susunan raknya. Ini akan menolong Anda untuk menyimpan barang secara maksimal.

Apabila mencoba kedua solusi di atas, niscaya Anda akan hidup lebih nyaman. Rumah Anda akan lega dan ramah untuk ditinggali. Anda dan keluarga akan betah tinggal di rumah. Rumah Anda akan leluasa menerima tamu. Tamu-tamu akan nyaman berkunjung ke rumahmu.

Kiranya rumah Anda betul-betul sebuah rumah. Jangan pernah rumah Anda menjadi Gudang! Atur dan rapikan selalu rumah Anda secara berkala! Rumah Anda adalah istana Anda! Jangan pernah melupakan hal penting ini!

3 replies on “Optimalkan Rumahmu!”

Tinggalkan Balasan