Mendayagunakan sampah Amplop

Anda yang bekerja di kantor tentu bertemu terus dengan kertas amplop. Seringkali amplop-amplop menjadi sampah. Amplop terus ada setiap hari! Sampah amplop menjadi banyak sekali.

Kebanyakan adalah kertas amplop kecil, yakni kertas amplop ukuran selembar surat dilipat-lipat. Terkadang juga digunakan untuk membayar upah harian. Ukuran kertas amplop ini bisa digunakan nntuk mengisi uang kertas. Selain itu, tentu ada amplop besar, berwarna coklat. Ukurannya mungkin setengah kertas kuarto, atau sebesar satu lembar kuarto, atau bahkan ukuran amplop coklat yang lebih besar lagi.

Amplop-amplop itu memberikan tantangan bagi kita. Masakan hanya digunakan satu kali lalu dibuang? Menjadi sampah? Padahal amplopnya masih bagus! Kita perlu mencari solusi untuk mengatasi sampah amplop. Kita perlu mencari cara untuk mendayagunakan amplop-amplop bekas pakai tersebut.

Untuk amplop ukuran besar, tak jarang masih dapat digunakan sebagai amplop. Ia tetaplah amplop yang digunakan untuk mengirim surat atau barang. Bagaimanakah caranya? Amplop yang sudah Anda terima, pakailah kertas bersih untuk menutupi tulisan di amplop tersebut! Dengan cara ini, amplop itu laksana amplop baru. Anda bisa tulisi alamat pengirim dan alamat penerima. Anda bisa gunakan sebagai amplop untuk kedua kalinya.

Kalau amplop coklat besar itu telah digunakan dua kali, bagaimana? Mungkin Anda tak bisa lagi menggunakan untuk berkirim resmi. Kita perlu mencari cara pemanfaatan lainnya. Bisa menjadi pembungkus! Mungkin menjadi amplop internal kantor! Jadi, masih ada kemungkinan penggunaan ketiga kali.

Bagaimana dengan amplop surat atau amplop kecil? Ini memang agak memusingkan. Umumnya, amplop surat sudah sulit digunakan lagi karena telah ditulisi alamat pengirim dan penerima. Paling-paling hanya digunakan sebagai amplop intern kantor. Seandainya tak begitu, barangkali Anda bisa memotong-motongnya menjadi empat lembar! Potongan-potongan kecil empat lembar tersebut bisa dimanfaatkan sebagai kertas catatan kecil (note). Cara ini akan menggurangi penggunaan kertas baru. Cara ini juga berarti mendayagunakan amplop surat untuk kedua kalinya.

Saudara-Saudari sekalian, beberapa tips sederhana di atas ini amat bermanfaat. Anda boleh mencobanya. Anda bisa berhemat kertas amplop. Anda bisa mendayagunakan amplop bekas! Anda juga telah mengurangi jumlah sampah di dunia ini.

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

2 comments

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s