Mulai Vaksinasi Mandiri


Mancanegara sedang berjuang keras menghadapi Pandemi Corona. Salah satu senjata andalan adalah lewat vaksinasi. Berbagai negara telah memulai program vaksinasi bagi rakyatnya. Muncul secercah harapan dengan vaksin!

Harus diakui bahwa masih banyak negara belum memulai vaksinasi sama sekali. Banyak negara miskin kesulitan membeli vaksin. Kalaupun mereka mendapat pinjaman pun tak akan mudah untuk membeli vaksin. Banyak negara sedang berebutan untuk memesan vaksin. Jumlah vaksin terbatas. Merk vaksin juga sedikit. Permintaan vaksin jauh melampaui ketersediaan vaksin.

Disinyalir terdapat 130-an negara belum melakukan vaksinasi. Angka ini tidaklah kecil!

Bersyukur bahwa Indonesia telah memulai program vaksinasi sejak Januari 2021. Pemerintah telah memesan vaksin dalam jumlah yang cukup bagi seluruh rakyat. Sekarang program vaksinasi sudah memasuki tahap yang ketiga.

Vaksinasi yang diselenggarakan pemerintah bersifat gratis. Masyarakat luas tanpa dipungut biaya sepeser pun. Seluruh biaya ditanggung dari dana negara. Yang penting, sabar menanti tahapannya atau gilirannya.

Sebagian perusahaan merasa penantian itu terlalu lama. Mereka telah mengajukan permohonan kepada pemerintah. Perusahaan bersedia merogoh kocek untuk menanggung biaya vaksinasi bagi karyawan-karyawatinya. Mereka hendak bersegera mendapatkan vaksinasi agar perusahaannya dapat beroperasi normal kembali.

Pemerintah telah menanggapi permohonan tersebut. Upaya telah dikerjakan. Hasilnya sudah mulai ada. Pada hari Senin tanggal 17 Mei 2021 telah dimulai program vaksinasi mandiri.

Program ini diberi nama vaksin gotong-royong. Maksudnya, masyarakat badan usaha bergotong-royong menanggung dana vaksinasi bagi karyawannya masing-masing.

Pemerintah telah membeli vaksin untuk program vaksinasi mandiri ini. Dari pesanan 7,5 juta dosis, 500.000 dosis telah kita terima. Sisanya akan menyusul dari Sinopharm.

Selain itu, masih ada pesanan lain sebanyak 5 juta dosis. Vaksin ini dipesan dari CanSino. Untuk CanSino, cukup disuntik satu kali saja, yakni satu dosis saja. Tidak ada dosis kedua.

Apa pentingnya vaksin gotong-royong? Yang jelas, pasti menghemat dana negara. Biaya ditanggung oleh perusahaan. Pegawai dan keluarga tidak dipungut bayaran. Hal lain yang pasti adalah mempercepat program vaksinasi di Tanah Air. Selain program vaksinasi dari negara terus berlangsung dan masih berlanjut, program vaksinasi mandiri telah dimulai per 17 Mei 2021.

Luar biasa! Kiranya vaksinasi di Indonesia dapat dipercepat. Hidup Indonesia!

Perlu disadari sepenuhnya, bagi mereka yang tak memenuhi syarat untuk divaksinasi, kiranya dapat menahan diri. Tidak semua orang memenuhi syarat kesehatan untuk menerima vaksin. Masyarakat harus memahami dan menerima kenyataan ini.

*** Silahkan subscribe dengan memasukkan email Anda ke kolom di bawah halaman ini (FOLLOW Blog). Please Subscribe to follow this blog site.

*** Setelah Subscribe berhasil, Anda akan dapat menerima artikel baru setiap hari Senin, Rabu dan Jumat.

One comment

Leave a Reply

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s